H-1 Piala Dunia, Timnas Spanyol Pecat Pelatihnya

BERITA-SULSEL.COM – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mencopot jabatan pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, Rabu (13/6/2018).

Putusan ini cukup mengejutkan karena timnas Spanyol akan berhadapan dengan Portugal pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2018, Jumat (15/6/2018).


Pemecatan itu tak lepas dari pengumuman Julen Lopetegui sebagai pelatih Real Madrid pada Selasa (14/6/2018). Petinggi RFEF merasa dilangkahi karena Lopetegui tak memberitahu sama sekali ketertarikan Madrid kepadanya.

“Kami memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional. Apa yang kami capai hingga Piala Dunia 2018 ini adalah hasil kerja keras semua orang, kami juga harus berterima kasih kepadanya,” ujar Presiden RFEF, Luis Rubiales, dalam jumpa pers di Krasnodar.

Baca juga: Berita Lopetegui ke Real Madrid Dikhawatirkan Ganggu Timnas Spanyol

Rubiales kecewa lantaran Lopetegui memberitahu RFEF 5 menit sebelum ia resmi ditunjuk Real Madrid sebagai pelatih Real Madrid, pada Selasa (12/6/2018).

“Negosiasi tidak diinformasikan kepada kami sebelumnya. Kami baru tahu lima menit sebelum dia resmi menjadi pelatih Madrid,” tutur Rubiales melanjutkan.

“Ada cara yang harus Anda lakukan, Julen telah bekerja dengan sangat baik bersama tim, tetapi kami tidak dapat menerima bagaimana dia telah bertindak dalam kasus ini,” ujar Rubiales.

Sebagai pengganti Lopetegui, Albert Celades dan Fernando Hierro menjadi nomine. Celades adalah pelatih timnas U-21, sedangkan Hierro berstatus direktur teknik.


Comment