Tips Aman dan Sehat Bagi Ibu Hamil Saat Mudik Lebaran

oleh
Dr. Yusriani, SKM., M.Kes

BERITA-SULSEL.COM – Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Ibu hamil pun masih semangat untuk pulang ke kampung halaman untuk menikmati kegembiraan berkumpul bersama keluarga menyambut hari yang penuh pengampunan.

Namun, bagi yang baru pertama kali mudik dalam kondisi hamil, persiapan fisik dan mental adalah hal yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Berikut ini beberapa tips ibu hamil dalam melakukan perjalanan aman dan sehat saat mudik dari salah satu dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. Yusriani, SKM., M.Kes.

  1. Sebelum berangkat, periksakan kondisi kesehatan ibu dan janin ke dokter.
  2. Pastikan kondisi ibu dan janin siap untuk melakukan perjalanan jauh.
  3. Mintalah saran dokter, obat apa yang harus dipersiapkan bagi ibu dan janin.
  4. Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat.
  5. Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar, sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat.
  6. Jangan memakai baju yang ketat, pakailah baju yang agak longgar.
  7. Sehari sebelum mudik, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak unsur Karbohidrat dan Protein yang merupakan sumber tenaga.
  8. Siapkan bekal makanan yang tahan lama, air putih dan minuman manis yang selalu hangat.
  9. Ibu hamil juga perlu untuk menyiapkan mental.
  10. Ibu hamil dilarang membawa barang dengan beban berat. Sehingga harus meminta tolong kepada pasangan atau keluarga yang lain untuk membawakan barangnya.
  11. Usahakan untuk beristirahat setiap dua jam atau beberapa jam sekali dengan menepi di rest area. Momen istirahat ini bisa digunakan untuk meregangkan kaki dan tubuh.
  12. Usahakan jangan menjadi perokok aktif maupun pasif, karena dapat menyebabkan kekurangan Oksigen yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.
  13. Perbanyak minum air putih.
  14. Gerakkan otot betis dan kaki secara teratur, kencangkan dan kendurkan, otot-otot pantat dan perut untuk mendorong darah kembali ke jantung.

Tinggalkan Balasan