Kualitas STIE Wira Bhakti tak Kalah dari UNM, Unhas dan UIN Alauddin

oleh
Sarjana Baru Harus Tahu ini
Sarjana Baru Harus Tahu ini

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Soal kualitas dan layanan pendidikan serta kompetensi mahasiswa, kampus swasta tak kalah dengan perguruan tinggi negeri, termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti.

Ketua I Bidang Akademik STIE Wira Bhakti Makassar, Dr Abdul Haris SE MSi mengatakan, kualitas kampus dan mahasiswa tak kalah dengan UNM, Unhas dan UIN Alauddin.

“Hari ini, kualitas kampus swasta dalam menelorkan sarjana tak lagi kalah dengan perguruan tinggi negeri atau PTN. Bahkan, banyak perguruan tinggi swasta lebih baik dari negeri. Termasuk serapan alumni dalam dunia kerja,” jelasnya, Rabu 20 Juni 2018.

Hal yang paling penting dalam memilih kampus, ujar Haris, setiap calon mahasiswa jangan terkeco dengan janji fasilitas dan biaya kuliah yang murah. Tapi, calon mahasiswa harus bisa melihat nilai akreditasinya.

Kata dia, saat ini STIE Wira Bhakti Makassar membina dua program studi yakni Manajemen dan Akuntansi. Semuanya telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nilai B.

“Akreditasi BAN PT menentukan kelayakan program satuan pendidikan di kampus. Nilainya beringkat, A, B dan C,” ujarnya.

Menurutnya, dalam meningkatkan kualitas dan relevansi layanan pendidikan dan meningkatkan kesetaraan untuk bisa memberikan pendidikan yang terbaik. Hal inilah yang diterapkan pihaknya.

Kata Haris, untuk bersaing dan meningkatakan mutu perguruan tinggi ditentukan 3 komponen, yakni input, output, dan outcome.

“Kualitas dari sisi input ditentukan jumlah dosen, fasilitas, dan kualitas ouput ditentukan publikasi buku ilmiah, sedangkan kualitas outcome ditentukan karya nyata di masayarakat. PTS harus memberikan kualitas untuk meningkatakan mutu pendidikan,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan