Ladies, Ini Makanan Pereda Nyeri Saat Menstruasi

oleh
Ladies, Ini Makanan Pereda Nyeri Saat Menstruasi

BERITA-SULSEL.COM – Sebagai wanita sejati, menghadapi perubahan suasana hati pada diri sendiri, beserta rasa nyeri saat menstruasi sepertinya sudah menjadi santapan rutin setiap bulan, ya! Memang, beragam produk minuman dan makanan pereda nyeri saat menstruasi begitu banyak dijajakan, terutama pilihan produk jamu dan herbal yang sudah dipercaya sejak turun temurun untuk menghilangkan rasa sakit ketika siklus haid datang.

Namun, jika Anda tidak kuat dengan rasa pahitnya, coba cara yang lebih menyenangkan dengan menyantap sajian makanan tertentu yang terbukti mampu memperbaiki suasana hati dan rasa nyeri saat menstruasi. Mau tahu apa saja sajian yang dimaksud?

Berikut, ragam makanan pereda nyeri saat menstruasi yang bisa Anda coba!
1. Pisang
Tahukah Anda kalau buah pisang kaya akan vitamin B6 dan kalium yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri karena kram otot saat menstruasi? Selain itu, dengan menambahkan kalium pada tubuh mampu membantu mengurangi retensi air sehingga dapat meredakan rasa kembung saat menstruasi.

Anda bisa menyantap pisang secara utuh maupun dicampur dengan yoghurt tawar yang rendah lemak dan salad buah.

2. Air mineral
Walaupun terdengar simpel, namun segelas air hangat terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke kulit Anda dan membuat otot-otot yang kaku menjadi lebih rileks. Selain itu, dengan menjaga kadar air di dalam tubuh dapat membantu mengeluarkan natrium yang berlebih melalui proses ekskresi yang dikeluarkan melalui urine.

Seringkali kembung saat menstruasi? Rutin mengonsumsi air mineral 8 gelas per hari juga dapat menghindari rasa kembung yang mengganggu selama menstruasi, lho!

3. Dark chocolate
Siapa sangka camilan lezat ini mampu membantu mengendurkan otot-otot Anda yang seringkali kram dan menimbulkan rasa nyeri saat menstruasi. Rasa nyeri tersebut nyatanya berhubungan erat dengan perubahan suasana hati yang dirasakan kaum wanita saat siklus menstruasi tiba.

Selain membantu mengendurkan otot, dark chocolate juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, yang membantu melepaskan perasaan senang sembari mengurangi rasa depresi dan kelelahan. Dengan begitu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan sebatang dark chocolate sebagai makanan pereda nyeri saat menstruasi di dala kotak makanan Anda, ya!

4. Teh Chamomile
Dalam secangkir teh chamomile hangat, terkandung senyawa glisina yang bertindak sebagai pelemas syaraf untuk memberikan rasa rileks dan membantu meredam rasa nyeri menstruasi. Selain itu, meminum secangkir teh chamomile juga mampu meningkatkan kadar glisina di dalam urin, yang membantu meredakan kram otot.

Bahkan, dengan rutin mengonsumsi teh chamomile sebelum siklus menstruasi tiba, mampu menjauhi Anda dari gejala sindrom prahaid atau Premenstrual Syndrome (PMS) yang kerap muncul, seperti gangguan hormon yang menyebabkan lebih mudah marah dan sensitif, rasa lelah yang berlebih, serta rasa nyeri pada payudara, lho!

5. Yogurt tawar rendah lemak
Rasa lapar kerap muncul saat datang siklus menstruasi. Daripada mengonsumsi kripik kaya lemak dan garam, jauh lebih baik dengan mengganti menu camilan Anda dengan yogurt yang tinggi kalsium. Tambahan kalsium dari secangkir yogurt yang menyegarkan, selain mampu memperbaiki suasana hati, juga bisa menjadi suplemen penting untuk meredakan gejala PMS yang kerap muncul seminggu sebelum siklus menstruasi Anda.

6. Salmon
Bagi penggemar makanan Jepang seperti sushi, Anda beruntung, nih. Pasalnya, ikan salmon yang selalu menjadi menu utama sushi kaya akan omega-3 dan vitamin D yang baik untuk meredam gejala PMS. Selain itu, ikan salmon juga memiliki efek anti-peradangan sehingga menjauhkan diri dari rasa nyeri menstruasi akibat kram otot.

Kandungan vitamin B6 pada ikan salmon juga baik untuk meredakan rasa nyeri pada payudara yang kerap timbul saat menstruasi. Jadi pastikan untuk menyantap ikan salmon seminggu sebelum datang siklus menstruasi, ya!

7. Jahe dan kunyit
Jahe dan kunyit telah dikenal dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat untuk meredakan kram otot saat menstruasi. Menyantap air jahe hangat empat kali sehari selama tiga hari terbukti mampu membantu menghilangkan rasa nyeri menstruasi, efek yang sama seperti meminum obat ibuprofen.

Nah, untuk meredakan gejala PMS, Anda juga bisa mencoba sajian teh berbahan kunyit. Pasalnya, senyawa kurkumin di dalam kunyit, membantu memperbaiki perubahan horman selama PMS melanda. Jangan lupa untuk mengonsumsi dua kapsul kurkumin selama tujuh hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelahnya.

Selalu ada alternatif dalam setiap masalah, termasuk dalam menyikapi rasa nyeri ketika siklus menstruasi tiba. Dengan rutin menyantap makanan pereda nyeri saat menstruasi di atas, Anda tidak perlu lagi harus dihantui rasa khawatir setiap hendak memasuki siklus menstruasi, ya!

Tinggalkan Balasan