Rusia Singkirkan Spanyol

BERITA-SULSEL.COM – Stadion Luzhniki menjadi saksi langkah Rusia ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Minggu (1/7) malam WIB, Rusia mengalahkan Spanyol lewat sebuah laga yang ditentukan hingga babak adu penalti.

Laga berjalan dengan ketat sejak babak pertama. Spanyol unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Ignashevich. Tapi, Rusia membalas dari Artem Dzyuba. Rusia menang lewat babak adu penalti dengan skor 3-4. Skor akhir pertandingan jadi 4-5 untuk Rusia.


Jalannya Pertandingan

Spanyol dan Rusia bermain terbuka sejak menit awal laga. Namun, lebih sering terjadi perebutan bola di tengah area lapangan. Sepuluh menit babak pertama dimulai, tidak ada peluang berbahaya yang terjadi.

Spanyol akhirnya membuka skor pada menit ke-12. Marco Asensio mengeksekusi sepakan bebas. Bola tanpa sengaja mengenai Sergei Ignashevich yang terjadi kalah berduel dengan Sergio Ramos. La Roja memimpin dari gol bunuh diri.

Setelah tertinggal, Rusia meningkatkan serangan. Dzyuba dan kolega beberapa kali menebar ancaman. Sementara, Spanyol sulit sekali mendapat ruang untuk melakukan tendangan ke gawang. Pada babak pertama, hanya satu tendangan tepat sasaran yang dilepas Spanyol.

Rusia harus menunggu hingga menit ke-41 untuk menyamakan skor. Dzyuba mencetak gol ke gawang David De Gea lewat sepakan penalti. Tim berjuluk Sbornaya mendapat penalti setelah Gerard Pique melakukan handball di kotak penalti. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pelatih Stanislav Cherchesov menarik keluar Yuri Zhirkov dan memasukkan Vladimir Granat. Sisi kiri bek sayap Rusia pun makin kuat setelah jadi sasaran serangan pemain Spanyol.

Tapi, pergantian yang dilakukan oleh Cherchesov tak membuat situasi jadi lebih baik di sektor penyerangan. Denis Cheryshev yang sudah mencetak tiga gol di Piala Dunia masuk menggantikan Samedov pada menit ke-61. Lima menit berselang, Dzybua digantikan Fedor Smolov.

Spanyol pun merespon pergantian yang dilakukan dengan memasukkan Andres Iniesta untuk mengisi pos David Silva. Masuknya legenda Barcelona membuat lini tengah La Roja makin hidup. Iniesta jadi katalis serangan Spanyol.

Pada menit ke-85, Iniesta mendapatkan peluang emas. Tapi sepakan kerasnya bisa ditepis oleh Akinfeev. Bola muntah yang cocor oleh Iago Aspas pun masih bisa ditepis kiper CSKA Moskow. Gawang Rusia pun aman dan hingga babak kedua usai skor 1-1 belum berubah.

Extra Time dan Penalti

Spanyol mengurung Rusia di wilayah pertahanan sendiri. Tapi, permainan rapat yang dilakukan Ilja Kutepov dan kolega sulit ditembus. Lalu, upaya serangan balik yang digagas oleh Rusia pun tak banyak membahayakan.

Menit 96, Koke melepas tendangan jarak jauh tapi masih melambung. Usaha yang sama dilakukan Asensio tapi bisa ditangkap dengan baik oleh Akinfeev.

Pada masa perpanjangan waktu. Spanyol dan Rusia melakukan pergantian keempat. Rusia memasukkan Kuzyaev dan pihak Spanyol memainkan Rodrigo. Tapi, hingga perpanjangan waktu 2×15 menit usai, tidak ada gol terjadi.

Laga dilanjutkan ke babak adu penalti untuk mencari pemenangan. Koke sebagai penendang kedua Spanyol gagal mencetak gol. Menyusul kemudian Iago Aspas tendangannya digagalkan oleh Akinfeev. Empat penendang Rusia sukses menjalankan tugas. Rusia menang adu penalti 3-4 dan skor akhir 4-5.

Comment