Data dan Fakta Piala Dunia 2018: Uruguay vs Prancis

oleh
Timnas Prancis

BERITA-SULSEL.COM – Timnas Uruguay akan menghadapi Timnas Prancis di babak delapan besar Piala Dunia 2018, Jumat (6/7) pada pukul 21.00 WIB. Jelang pertandingan tersebut terdapat sederet fakta menarik yang patut untuk disimak.

Uruguay kontra Prancis akan menjadi partai pembuka laga perempat final Piala Dunia 2018. Pertandingan kedua tim akan berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium.

La Celeste berhasil melenggang ke perempat final setelah menyingkirkan Portugal dengan skor 2-1. Sementara itu, Les Blues lolos dari 16 besar setelah berhasil melewati hadangan Argentina berkat kemenangan 4-3.

Secara statistik, peluang Uruguay meraih kemenangan atas Prancis terbilang besar. Sebab, dari enam pertemuan terakhir, Uruguay mampu memetik dua kemenangan, empat hasil imbang, dan belum pernah kalah dari Tim Ayam Jantan.

Akan tetapi, Prancis harus tetap diwaspadai. Les Blues yang belum menelan kekalahan dalam delapan pertandingan terakhir, memiliki pemain-pemain bintang untuk membobol gawang Uruguay, mulai dari Antoine Griezmann, Paul Pogba, hingga Kylian Mbappe. (bola/shd)

Data dan Fakta

4 – Uruguay dan Prancis untuk keempat kalinya akan saling berhadapan di Piala Dunia. Akan tetapi, ini bakal menjadi pertemuan perdana kedua tim pada fase knock-out.

0 – Dua pertemuan terakhir Uruguay kontra Prancis di Piala Dunia telah berakhir dengan skor 0-0. Kedua tim bersua pada penyisihan grup Piala Dunia 2002 dan 2010. Sementara itu, pada Piala Dunia 1966, Uruguay menang 2-1 atas Prancis.

2013 – Timnas Uruguay meraih kemenangan 1-0 atas Prancis dalam laga persahabatan di Montevideo, Juni 2013. Saat itu, gol tunggal La Celeste disarangkan Luis Suarez.

1 – Timnas Prancis hanya meraih satu kemenangan dari delapan pertandingan terakhir kontra Uruguay. Satu-satunya hasil positif tersebut terjadi dalam laga persahabatan pada Agustus 1985, di mana saat itu Les Blues menang 2-0 atas Uruguay.

Fakta Uruguay

5 – Andai mampu mengalahkan Prancis, Uruguay akan menyamai rekor nasional dengan meraih lima kemenangan beruntun di Piala Dunia. Terakhir kali mereka memenangkan empat laga pembuka adalah pada Piala Dunia 1930. Saat itu, timnas Uruguay berhasil keluar sebagai juara.

5 – Timnas Uruguay berpeluang lolos ke semifinal Piala Dunia untuk kelima kalinya, jika berhasil menyingkirkan Prancis. Selain itu, mereka juga akan menjadi untuk kedua kalinya dari tiga laga menembus babak empat besar Piala Dunia.

12 – Dari 45 gol Edinson Cavani bersama timnas Uruguay, 12 di antaranya tercipta berkat kontribusi Luis Suarez.

3 – Kiper timnas Uruguay, Fernando Muslera, telah mencatatkan tiga clean sheet dari empat pertandingan terakhir di Piala Dunia. Dia juga mampu melakukan 10 penyelamatan.

Fakta Timnas Prancis

1 – Timnas Prancis berambisi untuk lolos ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya, setelah terakhir kali terjadi pada 2006.

9 – Les Blues tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir di Piala Dunia melawan tim dari Amerika Selatan (5 menang; 4 imbang). Mereka juga mencatatkan clean sheet dalam tujuh pertandingan.

3 – Kylian Mbappe telah mendulang tiga gol di Piala Dunia 2018. Mbappe pun kini menjadi remaja pertama yang mencetak gol dengan jumlah tersebut di Piala Dunia, setelah terakhir kali dilakukan Pele pada Piala Dunia 1958 dengan enam gol.

2 – Sejauh ini hanya dua pemain yang mencetak gol lebih banyak dibandingkan Kylian Mbappe saat masih remaja, yakni Pele dan Edmund Conen dari Jerman dengan empat gol pada Piala Dunia 1934.

6 – Antoine Griezmann telah mencetak enam gol dari lima penampilan terakhirnya pada fase knock-out turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa).

2 – Meski begitu, Griezmann hanya mencetak dua gol dari 12 percobaan di Piala Dunia 2018. Kedua gol itu pun tercipta dari titik putih.

0 – Timnas Prancis tidak terkalahkan saat Antoine Greizmann mencetak gol (17 kemenangan; 2 imbang).