Andi Arwien : Saya Bangga jadi Bagian dari Masyarakat Kota Palopo

oleh

PALOPO, BERITA-SULSEL.COM – Pejabat Walikota Palopo, Andi Arwien mengaku bangga menjadi bagian dari warga Palopo. Arwien berharap, dengan belakang sosial budaya berbeda, sinergitas antara pemerintah dan masyarakat tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan Andi Arwien saat menghadiri Puncak HUT Kota Palopo je -16 di Lapangan Pancasila Kota Palopo Pada, Senin 09 Juli 2014.

Menurut Arwien, diusia ke 16 Kota Palopo bukan wilayah baru. Sejarah atau kisahnya telah terbentang panjang sejak awal tahun 1600-an.

Filosifi dan spirit lahirnya Palopo, jelas Arwien, semangat rekonsiliasi dan transformasi. Dimana, sejarah mengukir kota ini lahir dan berkembang pasca perdamaian Ratona yang juga mengakhiri perang saudara berkepanjangan di wilayah kedatuan Luwu.

Kata Arwien, pemerintah Kota Palopo telah hadir untuk memberikan jaminan layanan kesehatan gratis paripurna dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp18,1 miliar dari APBD 2018. Anggaran tersebut guna membayar premi 79.573 warga yang belum terlayani asuransi kesehatan.

Disektor pendidikan, ujar Arwien, tahun ini telah menyiapakan Rp7,4 miliar untuk program pendidikan gratis paripurna bagi pelajar tingkat SD/MI hingga SMP/MTs.

“Indeks harapan lama sekolah menjadi 15.05 tahun. Sedang indeks pembangunan manusia manjadi 76.71 poin atau meningkatkan 0.34%. Hasil ini mengukuhkan Palopo menjadi peringkat ke-2 terbaik di Sulawesi Selatan tahun 2017. Sebelumnya berada diperingkat ketiga,” jelas Andi Arwien.(hms)

Tinggalkan Balasan