Memilih Kasur yang Tepat agar Tidur Berkualitas

oleh
Memilih Kasur yang Tepat agar Tidur Berkualitas

BERITA-SULSEL.COM – Mungkin belum semua orang menyadari pentingnya memilih kasur yang tepat untuk ditiduri demi menjaga tidur yang berkualitas setiap malam. Salah satu alasannya adalah kesibukan bekerja setiap hari yang mengharuskan Anda untuk menutup hari dengan lembur di kantor dan berangkat bekerja lagi keesokan harinya pada pagi buta.

Seperti yang Anda ketahui, setidaknya tubuh memerlukan istirahat selama enam hingga delapan jam demi mengembalikan stamina dan energi yang sudah terbuang seharian. Selain itu, memastikan tidur yang cukup setiap hari dapat menjaga fokus dan konsentrasi, serta metabolisme tubuh agar siap menyambut rutinitas keesokan harinya.

Jika tubuh sampai merasa kurang waktu tidur dan beristirahat, berbagai masalah kesehatan siap menyerang. Sebut saja, sulit berkonsentrasi, gangguan kesehatan jantung, obesitas, hipertensi, hingga menurunkan gairah seksual. Selain itu, jika Anda kurang tidur hampir dapat dipastikan akan menjalani hari dengan mood yang buruk.

Lalu, seperti apa tips memilih kasur yang tepat agar dapat menjaga kualitas tidur setiap malam?
Pada dasarnya, ada beberapa jenis kasur yang bisa Anda pilih, di antaranya:

Memory Foam Mattresses
Kasur dengan memory foam ini sangat ideal bagi Anda yang menderita nyeri punggung dan artritis. Hal ini dikarenakan memory foam dapat menyerap gerakan serta mengikuti bentuk tubuh dan berat Anda, sehingga kenyamanan dapat terjaga selama Anda tidur.

Menurut sebuah survei yang dilakukan di Amerika Serikat, 81% pengguna puas dengan kenyamanan kasur dengan memory foam.

Kasur lateks
Memang, kasur yang berbahan lateks tidak senyaman kasur memory foam. Namun, kasur berbahan lateks ini cocok untuk Anda yang menderita alergi karena tidak terlalu banyak menyerap debu. Apalagi, bahan lateks tidak menahan panas, jadi suhu tubuh Anda saat tidur akan tetap terjaga kenyamanannya.

Kasur pegas
Kasur ini adalah kasur yang paling banyak digunakan di dunia. Memang tidak senyaman kasur lateks maupun kasur memory foam, tetapi bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan bujet terlalu besar untuk sebuah kasur, kasur pegas ini adalah pilihan yang baik.

Selain mempertimbangkan bahan dan jenisnya, ada juga sejumlah pertimbangan sebelum memilih kasur yang tepat bagi Anda. Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya:

Pertimbangkan luas kasur
Penting untuk mempertimbangkan luas kasur sebelum akhirnya membelinya. Bagi Anda yang masih hidup sendiri, banyak yang berpikiran untuk membeli kasur tipe single bed. Padahal, semakin luas kasur dapat memberikan kualitas tidur yang semakin baik.

Dengan tidur di kasur yang luas, Anda bebas menentukan posisi tidur yang baik demi sirkulasi darah dan posisi tulang selama semalam penuh. Dengan tidur di kasur yang luas, dijamin Anda akan terbebas dari kondisi salah urat di pagi hari!

Berikan seprai yang bersih
Tentu Anda akan lebih nyaman tidur di atas seprai yang bersih, bukan? Jangan pernah malas untuk mencuci dan mengganti seprai demi tidur yang lebih berkualitas. Setidaknya, selalu rutin untuk mengganti seprai seminggu sekali agar terbebas dari debu dan kotoran pada kasur yang membuat tubuh Anda gatal. Apalagi jika Anda memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang sering meninggalkan bulu pada kasur.

Tambahkan bantal yang baik
Selain cerdas memilih kasur, Anda juga harus cermat dalam memilih bantal, nih! Sebagai penyangga kepala saat tidur, jenis bantal yang baik diperlukan untuk menjaga tulang dan otot di sekitar leher Anda selama tidur. Untuk mendapatkannya, pilihlah bantal dengan kondisi ketebalan dan keempukannya pas dan nyaman bagi kondisi kepala Anda. Jangan sampai memilih bantal yang terlalu tipis atau terlalu keras, ya!

Matikan lampu agar kamar tetap redup
Alangkah baiknya jika Anda mematikan lampu sebelum tidur dan menjaga kondisi kamar tetap redup semalaman. Selain membuat tidur lebih tenang, tidur dengan lampu menyala ternyata tidak baik bagi kesehatan karena dapat menghambat tubuh dalam menghasilkan hormon melatonin yang berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Nah, begitulah tips tidur yang sehat serta cara memilih kasur yang tepat agar kualitas tidur Anda dapat terjaga setiap malam. Jadi, jangan lagi sepelakan kualitas kenyamanan kasur saat hendak membelinya, ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan