Mengenal Manfaat Sarang Burung Walet

oleh
Mengenal Manfaat Sarang Burung Walet

BERITA-SULSEL.COM – Manfaat sarang burung walet – Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal sarang burung walet sebagai produk herbal yang sangat baik untuk mendongkrak daya tahan tubuh seseorang terlebih untuk mereka yang sedang mengalami pemulihan pasca terserang suatu penyakit. Sayangnya produk herbal ini dibandrol dengan harga yang terbilang mahal.

Produk yang berasal dari Cina ini mulai dikenal pada zaman dinasti Yuan, namun hanya diperuntukkan untuk mereka yang berasal dari kalangan kelas atas. Tapi seiring dengan perubahan zaman, produk ini bisa didapatkan oleh masyarakat luas. Walaupun bernama sarang burung wallet, produk ini berasal dari air liur burung wallet, untuk ukurannya sendiri biasanya 11-18 cm dan mempunyai berat 16-32 gram. Penasaran dengan manfaat sarang burung wallet?

Berikut info manfaat sarang burung walet untuk kesehatan Anda!
Secara umum, sarang burung walet mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, zat kimia organik, lemak, asam amino leusin, fosforus, potasium, natrium dan serin yang dapat membantu proses regenerasi sel tubuh. Selain itu, sebuah penelitian di Cina juga menyatakan bahwa produk ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti:

1. Menyembuhkan batuk atau penyakit paru-paru lainnya
Jika sedang batuk kering ataupun berdahak, paru-paru akan kekurangan oksigen sehingga memicu datangnya radang tenggorokan. Nah, manfaat sarang burung walet dipercaya dapat membantu membuka saluran pernafasan, sehingga oksigen yang terhirup dari luar dapat masuk dengan baik! Bagi Anda yang tertarik mencobanya disarankan untuk menambahkan sedikit madu ke dalam air rebusan sarang burung walet. Setelah itu barulah hirup asapnya, niscaya salauran pernafasan Anda yang tadinya terhambat akan kembali lega.

Selain batuk tersebut, berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kesehatan paru-paru seperti asma, kesulitan untuk menelan dan masalah sendawa, dapat diatasi dengan mengonsumsi sarang burung walet.

2. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat sarang burung walet juga dapat menjaga kesehatan kulit, terutama bagi kaum wanita yang ingin mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti penuaan dan keriput. Kandungan dari produk ini bekerja dengan cara menstimulasi regenerasi sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit Anda agar terlihat lebih sehat, segar dan lembap.

Selain itu, kandungan asam sialat amino yang terdapat dalam sarang burung ini, dapat membantu kulit menjadi lebih kencang dan terdehidrasi. Dalam mengonsumsinya, produk ini dapat direbus dan kemudian diminum atau dibaluri pada kulit muka Anda sebagai masker wajah.

3. Penyembuhan penyumbatan pembuluh darah
Penyumbatan pembuluh darah biasanya terjadi karena pola makan yang tidak baik seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak. Menumpuknya kolesterol di sepanjang pembuluh darah dapat menghambat kelancaran aliran darah. Nah, dengan rutin mengonsumsi sarang burungwalet ini dipercaya dapat mengurangi tingkat kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga darah yang tersumbat dapat mengalir dengan lancar.

4. Meningkatkan nafsu makan
Dengan berbagai kandungan mineral yang ada pada sarang burung ini, letihnya tubuh akibat pekerjaan atau penyakit tertentu yang mengakibatkan nafsu makan berkurang, dapat diatasi dengan mengonsumsi produk yang satu ini! Setidaknya disarankan untuk memakan paling sedikit 12 gram setiap harinya.

5. Sumber anti-oksidan
Manfaat sarang burung walet selanjutnya, sebagai agen anti-oksida yang dapat mengatasi tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh seperti kerusakan sel-sel tubuh, kanker dan penuaan.

6. Sumber mineral dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh
Kandungan mineral seperti potasium, natrium, kalsium yang ada pada sarang burung walet ini, dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh dari penyakit. Hal ini dikarenakan, fungsi dari setiap mineral tersebut, dapat membantu pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit secara alami.

7. Baik untuk kesehatan ibu hamil
Manfaat sarang burung walet yang terakhir baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Dari puluhan tahun silam di Cina, wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi sarang burung walet secara teratur demi mempertahkan kesehatan tubuh si ibu dan membantu bayi tumbuh dengan sehat di dalam kandungan.

Itu dia manfaat sarang burung walet sebagai obat herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga dalam pemulihannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan