Mahasiswa Stitek Balik Diwa KKN Pembelajaraan dan Pemberdayaan Masyarakat di Pinrang

oleh
MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar kembali melaksanakan pelaksana Kuliah Kerja Nyata Pembelajaraan dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) DRPM Kemenristekdikti.
KKN PPM ini diselenggarakan di Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang. Daerah ini merupakan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).
Mahasiswa KKN KPPN ini akan dilepas Ketua Yayasan Pendidikan Balik Diwa Dr. Andi Aslinda, M.Si dan Ketua Stitek Balik Diwa Prof.Dr Muh. Akmal Ibrahim, Rabu 12 Juli 2018 di Jalan Perintis Kemerdekaan VIII.
Ketua Tim Pelaksana KKN PPM, Heriansah S.Pi., M.Si mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan 63 mahasiswa yang terdiri dari barbagai program studi.
“Kami menurunkan 63 mahasiswa dari beberapa program studi seperti teknologi hasil perikanan, ilmu kelautan, budidaya perairan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan,” ujarnya.
Heriansah menjelaskan, program KKN KPPN diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dalam mengelola potensi perikanan dan kelautan, sekaligus membantu pemerintah pusat dalam mengembangkan KPPN.
“Program kerja yang dilaksanakan nantinya yakni budidaya ikan bandeng berbasis nitrobakter, budidaya integratif mina padi ternak, budidaya sistem akuaponik, diversifikasi olahan perikanan, gemar makan ikan, identifikasi potensi wisata laut, hingga pemanfaatan sampah/limbah untuk produk kreatif dan pakan ikan,” terangnya.
Heriansah berharap, KKN PPM berkelanjutan melalui komunikasi berlanjut antara STITEK Balik Diwa dengan pemerintah daerah dan masyarakat.
“Bentuk kerjasamanya yakni pengembangan potensi daerah,” ujarnya. (mg1)

Tinggalkan Balasan