Sasrani Mutrono, Perempuan Pertama Ketua BEM STIP Wuna Raha Sultra

BERITA-SULSEL.COM – Seorang pemimpin biasanya identik dengan kaum laki-laki, persepektif itu sudah lama melekat. Laki-laki dianggap mampu memimpin seseorang ataupun suatu kelompok.

Namun, perspektif tersebut tidak berlaku lagi diera milenial seperti sekarang ini. Seorang pemimpin juga bisa diemban sosok perempuan.


Seperti halnya sosok perempuan bernama Sitti Sasrani Mutrono Gufana. Ia mampu mematahkan perspektif tersebut, bukan hanya kaum laki-laki saja yang bisa menjadi seorang pemimpin.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha Sulawesi Tenggara, semester 8 jurusan budidaya perairan ini bersama wakilnya Ahlan terpilih sebagai Ketua BEM STIP Wuna Raha periode 2017/2018.

Selain menjadi ketua BEM di kampusnya, wanita kelahiran Raha 04 Maret 1997 ini juga aktif diberbagai organisasi internal maupun eksternal diantarnya oragnisasi internanya yakni; Ketua HMPS BDP 2016/2017, Sekretaris DPM Transisi STIP Wuna Raha 2017, Ketua BEM STIP Wuna Raha 2017/2018

Sedangkan untuk organisasi eksternyanya yakni

1. Anggota Pengurus HIMAPIKANI Dewan Pengurus Wilayah (DPW) VI Se-SULAWESI tahun 2015/2016
2. Anggota pengurus HIMAPIKANI Badan Pengurus Harian Pusat (BPHP) 2016/2018
3. Koordinator ENJ SULTRA (Ekspedisi Nusantara Jaya Sulawesi Tenggara) Tahun 2016
4. Ketua KOHATI HMI cabang Raha Th. 2017/2018
5.Ketua DIVISI Pemberdayaan Perempuanan POSPERA (Posko Perjuangan Rakyat) 2018

Pengalaman dan kecintaanya terhadap organisasi bukan hanya menjadikannya terpilih sebagai ketua BEM dikampu, melainkan anak ke 4 dari 4 bersaudara ini juga terpilih sebagai KOHATI HMI cabang Raha tahun 2017/2018.

Ditanya mengenai motivasinya menggeluti dunia organisasi anak dari pasangan Sanwar Kai dan Wa Ode Muntia Tagu, S.Hut mengatakan motivasi ikut organisasi ingin membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin karena di kampus STIP baru pertama kali perempuan jadi ketua BEM sejak tahun 1990 STIP Wuna berdiri itulah alasan saya yang utama.

Lebih lanjut lagi dijelaskan sasrani sapaan akrabnya menuturkan motivasinya meggeluti dunia organisasi adalah untuk membentuk pola pikir yang baik, cari pengalaman.
Meningkatkan komunikasi, belajar mengatur waktu dan memperluas jaringan serta latihan dunia kerja yang sesungguhnya dan menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, ucap wanita yang hobi travelling itu.

Selain itu wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan sebelum menjadi ketua Bem STIP Wuna Raha ini menjelaskan bahwa saat ini ia memiliki anggota sebanyak 22 orang.

Comment