Puluhan Anggota Military Attache Kunjungi Balla Lompoa

oleh

GOWA, BERITA SULSEL.COM – Sebanyak 33 orang Rombongan dari military attache berkunjung ke Kabupaten Gowa. Kunjungan dari Mabes TNI ini merupakan program tahunan yang dilakukan bagi setiap military attache yang bertugas di Indonesia untuk berkunjung ke seluruh provinsi, salah satunya di Sulawesi Selatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pemimpin rombongan, Kolonel Pnb Donald Kasenda yang juga merupakan eks Komandan Skuadron 2 TNI AU ini saat ditemui di Pelataran Museum Balla Lompoa, Kamis (12/7).

“Tujuannya adalah untuk mengunjungi satuan-satuan TNI yang ada sekaligus ke tempat-tempat wisata yang ada di daerah-daerah dimana yang akan kita lakukan kunjungan,” tuturnya.

Saat ditanya mengapa Gowa menjadi tujuan destinasi wisata, Donald mengaku karena Gowa sangat kental dengan nilai sejarahnya.

“Karena Gowa ini sangat bersejarah ya, raja-raja saat melawan kolonialisme sehingga kita sangat tertarik dengan sejarah tersebut, apalagi para Attache ini terdiri dari puluhan negara, mereka ingin tahu, sejarah Gowa itu seperti apa, sehingga mereka menawarkan kalau bisa datang kesini,” jelas Donald Kasenda.

Donald juga mengatakan, dalam kunjungannya ke Gowa tentunya telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, sementara kunjungan ke militer dirinya berkoordinasi dengan Kodam, Lantamal dan juga Koops.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Ratnawati Taufik menjelaskan, dalam kunjungan ini pihaknya mengajak rombongan tersebut berkeliling museum, melihat peninggalan-peninggalan sejarah.

“Kami perkenalkan juga mereka dengan silsilah Raja-raja Gowa, melihat-lihat peninggalan-peninggalan alat perang, alat makan, semua koleksi,” jelas Ratna.

Tak hanya itu, Ratna juga menjelaskan tentang acara pencucian benda-benda pusaka. Bahkan para rombongan juga sangat tertarik dengan baju adat Sulawesi Selatan.

“Yang paling buat mereka antusias itu baju adat kita, mereka memakainya dan berfoto ria,” ujar Ratna tersenyum.

Diketahui, usai mengunjungi Museum Balla Lompoa, para rombongan akan bergeser ke Benteng Rotterdam di Kota Makassar. (an).

Tinggalkan Balasan