Dekan Hukum Unhas Serahkan Penghargaan ke Ichsan YL

oleh

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Setelah dinobatkan sebagai lulusan terbaik untuk program doktoral tahun akademik 2017/2018, Ichsan Yasin Limpo (IYL) akhirnya menerima Ijazah serta penghargaan dari Unhas atas pencapaiannya.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof Dr Farida Pattitingi, SH M.Hum, mewakili Rektor Unhas, Jumat (27/7/2018).

Prof Dr Farida mengatakan, keberhasilan IYL tidak lepas dari hasil akademiknya yang sangat baik. Apalagi pada saat ujian promosi doktor mampu memberikan persentasi disertasi yang juga sangat memuaskan.

“Saya kira itu sangat wajar beliau capai itu, karena memang dari sisi indeks prestasinya, beliau sangat tinggi. Terus beliau lulus dengan predikat cum laude, pada saat promosi doktor, masa studinya juga cepat,” kata Prof Farida saat dikonfirmasi.

Prof Farida yang juga bertindak sebagai pembimbing IYL, mengurai, selama proses perkuliahan, IYL adalah figur yang cerdas. Sehingga menjadi hal yang wajar ketika dinobatakan sebagai lulusan terbaik.

“Kemudian memang beliau sangat serius
semasa perkuliahan itu saya biasa lihat langsung. Beliau memang orangnya smart. Kan untuk melihat kriteria wisudawan terbaik itu yang pertama indek prestasi, kemudian masa studi, dan yang ketiga pada saat promosi doktor itu cum laude. Itulah akumulasi tiga penilaian itu, dan pak Ichsan memenuhinya untuk lulusan program S3,” terangnya.

Menurut dia, penelitian yang dilakukan IYL di tujuh negara, masing-masing, Jepang, Singapore, Finlandia, Belanda, Australia, Jepang dan Korea dapat menjadi rujukan bangsa ini untuk kemudian diaplikasikan di seluruh Indonesia.

“Itukan sudah diuji waktu ujian, makanya beliau lulus cum laude. Karena beliau betul-betul serius menulis disertasi. Bukan hanya menuliskan penilitian di Indonesia tetapi melakukan perbandingan di beberapa negara. Makanya excelent dia, Pak Ichsan itu orangnya betul-betul serius dan bisa menempatkan diri sebagai mahasiswa dan taat aturan,” tuturnya.

Dengan hasil itu, Prof Farida mengakui kepedulian mantan Bupati Gowa periode 2005-2015 ini terhadap dunia pendidikan mampu melahirkan pemimpin baru dari Unhas. Pemimpin yang kelak dapat membagi ilmunya dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Tentu kita selalu menginginkan alumni-alumni terbaik kami di fakultas hukum ini. Kita harap beliau dapat menjadi pemimpin besar dimana nanti beliau berkiprah. Agar ilmunya dapat diaplikasikan dengan baik. Karena menjadi pemimpin, ilmu yang didapatkan bisa langsung diterapkan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan