Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Gatal pada Kulit

BERITA-SULSEL.COM – Walaupun bekas gigitan nyamuk tidak separah bekas gigitan dari macan dan hewan buas lainnya, nyatanya rasa gatal yang ditimbulkan dapat mengganggu tidur malam Anda. Namun, menghilangkan bekas gigitan nyamuk rupanya susah susah gampang, mengingat rasa gatal yang kerap muncul kembali walaupun sudah digaruk sedemikian rupa.

Nah, sebenarnya kebiasaan menggaruk tersebut yang memicu rasa gatal terus menerus datang dan tak kunjung hilang. Bahkan, jika Anda menggaruk terlalu keras dan membuka permukaan kulit, dapat memicu bakteri dan patogen jahat lainnya masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi.


Apa sih penyebab bekas gigitan nyamuk menimbulkan rasa gatal pada kulit?
Ketika nyamuk hinggap pada kulit, mereka tidak hanya menghisap darah melalui 6 bilah pisau pada jarum suntik yang mereka miliki. Di saat bersamaan, nyamuk juga mengalirkan air liurnya yang mengandung antikoagulan dan protein ke dalam darah kita.

Nah, ketika ada protein dan zat asing lainnya masuk ke dalam tubuh, metabolisme secara otomatis menghasilkan histamin sebagai sistem autoimun. Nah, zat histamin itulah yang menimbulkan rasa gatal dan menimbulkan bentol pada kulit, sebagai reaksi dari sel darah putih dan sistem imun dalam menghadang zat asing masuk ke dalam tubuh.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk?
1. Alkohol
Memberikan bubuhan kapas dengan alkohol pada bekas gigitan nyamuk dapat memberikan sensasi dingin saat mengering dan meredakan rasa gatal yang menyerang. Selain itu, alkohol juga dapat menjauhi Anda dari risiko infeksi yang terjadi jika ada pengelupasan kulit saat menggaruk terlalu keras.

2. Kantung teh hijau
Meminum segelas teh hijau memang baik bagi tubuh karena mengandung antioksidan yang baik menangkal radikal bebas pada tubuh. Namun siapa sangka sisa kantung teh bekas rendamannya pun bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit?

Menurut Jessica Wu, ahli kecantikan dari University Los Angeles menyebutkan kalau bekas rendaman kantung teh hijau yang disimpan terlebih dahulu pada kulkas dapat meredakan rasa gatal dan mencegah peradangan lebih lanjut pada kulit lewat sensasi dingin yang ditimbulkannya.

3. Lidah buaya
Selain digunakan sebagai cara mencerahkan wajah dan melembapkan kulit, lidah buaya atau aloe vera ini juga dapat meredakan rasa gatal dan menghindari kulit dari risiko infeksi, berkat sensasi dingin dari jelly di dalamnya. Sebelum dioleskan pada kulit, pastikan Anda sudah menyimpan lidah buaya di dalam kulkas ya, dan biarkan mengering secara sendiri pada kulit untuk hasil yang lebih optimal.

4. Bawang bombay
Di balik efeknya yang dapat membuat Anda menitikan air mata, bawang bombay juga bisa meredakan rasa gatal dari bekas gigitan nyamuk, lho. Minyak dan cairan yang keluar dari irisan bawang bombay terbukti dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi serta peradangan yang bisa muncul dari gigitan nyamuk.

Selain itu, bawang bombay juga memiliki sifat antijamur yang dapat mengurangi risiko terkena infeksi, lho. Caranya, Anda bisa langsung mengoleskan irisan bawang bombay pada kulit dan diamkan beberapa menit. Jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih, ya!

5. Madu
Produk alami dari lebah ini sudah dikenal dengan kandungan antiseptik dan antibakteri yang baik dalam proses penyembuhan luka. Sifat antiinflamasi dari madu juga mampu menghindari potensi infeksi akibat garukan dari bekas gigitan nyamuk.

Namun ingat untuk selalu mengoleskan madu pada bekas gigitan nyamuk pada kulit di dalam ruangan, ya! Pasalnya, kandungan gula dapat menarik perhatian nyamuk untuk hinggap pada kulit, lho. Selain itu, pastikan untuk membilas hingga bersih sisa madu, karena sisa madu yang lengket pada kulit dapat menimbulkan rasa gatal juga pada kulit.

6. Kulit pisang
Mungkin Anda akan sedikit terkejut membacanya. Selain bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi, minyak alami yang ada di balik kulit pisang juga bisa digunakan sebagaicara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Pasalnya, kulit pisang baik untuk meredakan rasa gatal dan menjauhi Anda dari risiko iritasi pada kulit. Kandungan serotonin pada kulit pisang juga dapat membuat Anda jadi tenang dan mengurangi rasa gelisah dari rasa gatal yang muncul pada kulit.

Ternyata, cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di atas sangat mudah untuk dicoba, bukan? Daripada harus terus menerus menggarukanya seharian, yang berpotensi menimbulkan luka dan iritasi, jauh lebih baik mencoba dengan bahan alami di atas. Selamat mencoba!

Comment