Faktor yang Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir

oleh
Faktor yang Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir

BERITA-SULSEL.COM – Siapa sih yang ingin mukanya dinodai oleh kehadiran jerawat di bibir? Selain mengganggu penampilan wajah, jerawat yang berada di area mulut dan bibir terasa sangat menyakitkan karena dapat mengganggu proses makan, apalagi jika berada di sudut bibir. Tersentuh sedikit saja, rasa nyeri yang ditimbulkan tidak kunjung hilang.

Namun tahukah Anda kalau lokasi jerawat yang muncul di wajah dapat menentukan gangguan kesehatan yang sedang dirasakan oleh tubuh? Selain menjadi tanda kalau kulit wajah Anda bermasalah, berbagai kondisi seperti ketidakseimbangan hormon atau rasa stres juga menjadi pemicu timbulnya jerawat di sekitar mulut.

Berikut penyebab lain munculnya jerawat di bibir yang akan dijelaskan di bawah ini!
1. Kondisi kulit terlalu berminyak
Faktor kebersihan wajah menjadi alasan utama tumbuhnya jerawat di bibir. Bagi Anda yang memiliki kelenjar sebasea lebih aktif dibanding lainnya, cenderung akan memiliki wajah lebih berminyak dan lebih mudah terkena jerawat di wajah, termasuk di area bibir.

Kelenjar sebasea sendiri merupakan kelenjar mikroskopis pada jaringan kulit yang bertugas mengeluarkan sebum (minyak) ke wajah dan kulit kepala. Sejatinya, kulit membutuhkan pasokan minyak untuk menjaga kelembaban dan elastisitasnya. Namun, jika terlalu banyak dihasilkan memang dapat memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, ada baiknya untuk lebih rajin membersihkan wajah, ya!

2. Ketidakseimbangan hormon
Ketika seorang remaja sedang berada dalam fase puber, tidak jarang dapat ditemukan jerawat yang muncul pada area sekitar bibir. Selain itu, ketidakseimbangan hormon juga sering dirasakan oleh para wanita yang sedang dalam siklus haid atau sedang mengandung. Itu mengapa area sekitar bibir Anda menjadi lokasi favorit munculnya jerawat, nih!

3. Gejala Penyakit Menular Seksual (PMS)
Jangan main-main, jerawat yang muncul di sekitar bibir juga bisa menjadi tanda adanya penyakit seksual yang sedang menyerang Anda, lho. Munculnya jerawat pada area ini menjadi salah satu gejala utama dari penularan Herpes Simplex Virus (HSV) atau yang lebih dikenal dengan Herpes. Sesuai dengan lokasinya, salah satu penyebab gejala PMS ini berasal dari hubungan seks dengan cara oral.

4. Pola makan tidak sehat
Pola makan yang tidak sehat, seperti makan makanan yang terlalu berminyak dan junk food dapat memicu jerawat ini. Sisa minyak yang tertinggal di sekitar mulut dapat memicu iritasi pada kulit dan rasa gatal yang berujung pada infeksi dan timbulnya jerawat. Selain itu, bagi Anda yang gemar makanan pedas juga harus waspada nih, sebab hal tersebut dapat memicu jerawat muncul di area bibir, lho.

5. Stres
Nyatanya, stres seringkali dihubungkan dengan munculnya jerawat pada wajah. Para ilmuwan percaya bahwa hormon stres seperti kortisol, adrenal, dan norepinephrine dapat memicu reseptor pada kelenjar sebasea atau kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum lebih banyak. Akibat dari meningkatnya sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri pada wajah, dapat menyumbat pori-pori kulit dan jerawat pun muncul.

Jika diperhatikan, area wajah yang ditumbuhi jerawat di bibir dapat dibedakan tergantung lokasinya. Berikut arti jerawat di area sekitar bibir!

Jerawat di Atas Bibir
Aktivitas facial wajah untuk kecantikan, seperti mencabut bulu wajah yang tumbuh liar di sekitar mulut, dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, lho. Biasanya, bentuk jerawat yang muncul berupa benjolan merah kecil di atas bibir. Namun biasanya benjolan merah ini akan memudar sendiri 4 hari.

Jerawat di Bawah Bibir
Biasanya, para wanita memiliki rambut wajah ekstra pada dagu atau di bawah bibir bawah karena gangguan ovarium polikistik, siklus menstruasi tidak teratur atau menopause. Akibat adanya rambut halus ini, para wanita harus menghilangkan dengan waxing. Nah, efek waxing inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat di bibir bawah.

Hal yang sama pun berlaku bagi pria yang sedang bercukur. Iritiasi akibat pisau silet yang tidak bersih atau menggores permukaan kulit dan menyebabkan infeksi pun dapat memicu timbulnya jerawat di bibir bawah. Efek nikotin pada pria yang gemar merokok juga memicu jerawat ini, lho!

Jerawat di Sudut Bibir
Selain efek dari mencabut bulu halus dengan waxing, jerawat yang muncul di sudut bibir bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, stres, hingga gejala Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Herpes. Sebagian orang juga akan merasakan jerawat di sudut bibir yang telalh terinfeksi dan berisi nanah. Jerawat pada lokasi ini ukurannya beragam, bisa berbentuk kecil, besar, hingga bengkak kemerahan.

Selain faktor di atas, munculnya jerawat di bibir juga seringkali dihubungkan dengan adanya gangguan pada fungsi pencernaan, seperti sembelit, lho. Agar fungsi pencernaan kembali normal, perbanyak konsumsi makanan berserat dan minum secangkir teh hijau setiap selesai makan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *