Legislator Dorong Pemerintah Perkuat SDM Pariwisata Sulsel

oleh
Ferdiansyah

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengaku perlu adanya penguatan pada sektor sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan. Menurutnya, hal ini harus secepatnya ditangani oleh instansi terkait, mengingat besarnya tuntutan masyarakat di bidang tersebut.

Hal itu ia ungkapkan saat pertemuan antara Tim Kunker Komisi X DPR RI dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulsel, Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel, serta mitra kerja terkait di Makassar, Sulsel, Senin (30/7/2018).

Politisi Partai Golkar ini meminta pihak-pihak terkait untuk bergerak ekstra cepat karena kebutuhan akan SDM di Provinsi Sulsel dengan berbagai tingkatan ini sangat kurang. Dengan tegas ia mendorong Dinas Pariwisata Sulsel juga berbagai mitra untuk menyiapkan perekrutan terhadap kekurangan SDM tersebut.

“Kebutuhan akan SDM adalah hal yang utama, baik SDM tingkat bawah sampai tingkat atas sekalipun. Penataan dan pengelolaan ataupun menyiapkan SDM di bidang pariwisata diharapkan bisa lebih cepat akselerasinya. Harapannya adalah bisa lebih cepat juga merespons kebutuhan-kebutuhan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” ujar Ferdi, sapaan akrabnya.

Untuk perekrutan tersebut, politisi dapil Jawa Barat XI ini meminta agar Dinas Pariwisata juga memperhatikan standar kualitas setiap calon rekrutan. Ia menyarankan agar pihak dinas pariwisata bekerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi vokasi dan bidang pariwisata agar mendapatkan rekrutan yang berkualitas.

“Selain itu, kami juga membahas mengenai sertifikasi terhadap profesionalitas standar mengenai ketenagakerjaan di bidang pariwisata. Alhamdulillah beberapa hal secara kegiatan dan program sudah ada sinergi antara mitra di lingkungan Komisi X yaitu di SMK vokasi bidang pariwisata dan Kemenristekdikti di bidang perguruan tinggi pariwisata dengan Kementerian Pariwisata,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan