Apa Saja Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil?

oleh
Apa Saja Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil?

BERITA-SULSEL.COM – Siapa sih yang tidak suka kesegaran dari air kelapa? Selain enak, manfaat air kelapa pun beragam. Air kelapa merupakan minuman isotonik yang manis, menyegarkan dan dapat membantu tubuh dalam mengisi kembali cairan yang hilang. Nah, sekarang muncul pertanyaan, apakah air kelapa aman untuk dikonsumsi bagi orang hamil?

Jawabannya adalah, ya! Air kelapa aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Mengonsumsi air kelapa pada usia kehamilan trimester pertama dapat membantu mengurangi potensi dehidrasi yang diakibatkan karena mual di pagi hari. Selain itu, minuman ini juga baik untuk perut yang mulas dan sembelit.

Keduanya merupakan gejala umum kehamilan. Ibu hamil dapat mengonsumsi air kelapa kapan saja, tetapi waktu terbaik adalah pada pagi hari sekali. Hal ini dikarenakan elektrolit dan nutrisi dapat dengan mudah diserap ketika perut Anda kosong.

Nah, untuk manfaat air kelapa untuk ibu hamil lebih lanjutnya, yuk simak di bawah ini!
1. Menambah cairan tubuh dan elektrolit
Air kelapa mengandung jumlah gula, protein, dan natrium yang sedang sehingga dapat membantu tubuh dalam mempertahankan cairan harian. Selain itu, cairan elektrolit juga dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melindungi infeksi
Mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil dapat membantu membangun kekebalan, meningkatkan fungsi ginjal, mencegah infeksi saluran kemih serta membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

3. Rendah kalori
Air kelapa memiliki tingkat kalori yang rendah. Selain itu, minuman ini juga mengandung sejumlah serat makanan dan asam lemak omega yang sehat. Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi air kelapa untuk membantu mereka menjaga berat badan.

4. Menjaga berat badan
Air kelapa mengandung nol kolesterol dan membantu meningkatkan kolesterol yang baik dalam tubuh. Kandungannya dapat memberantas kolesterol jahat, sehingga mencegah penumpukan sel-sel lemak berlebih dan membuat tubuh terhidrasi sepanjang waktu.

5. Menjaga pencernaan
Kandungan pada air kelapa dapat menjaga proses dalam pencernaan, memperkuat sistem, mencegah konstipasi, serta mempertahankan dan mengatur pH dalam tubuh. Air kelapa juga dapat meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Sebagai penetralisir asam alami, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga dapat menenangkan dan mencegah mulas selama kehamilan.

6. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi ibu dan sang buah hati dari penyakit. Asam laurat yang bertanggung jawab untuk memproduksi zat pelawan penyakit yang disebut dengan ‘monolaurin’. Selain itu, kandungan pada air kelapa juga dapat mencegah penyakit seperti flu dan HIV.

7. Minuman Berenergi
Air kelapa juga disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang berolahraga. Karena, ibu hamil juga disarankan untuk tetap sehat secara fisik dan bugar, serta melakukan latihan ringan secara rutin.

8. Memerangi Rasa Mual
Masa kehamilan identik sekali dengan rasa mual di pagi hari. Mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil trimester pertama, dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi rasa mual di pagi hari dan mengurangi kelelahan.

Nah, itu dia manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Selalu jaga kesehatan diri sendiri dan sang buah hati ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan