Pendiri Fisip UI, Prof Dr TO Ihromi Meninggal Dunia

BERITA-SULSEL.COM – Salah satu pendiri Fisip UI Jakarta 1968, sebelumnya bernama FIS, Prof Dr.T.O Ihromi SH.MA, Minggu (5/8/2018) pukul 11.15 WIB, meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam, Kebun Jeruk, Jakarta.

Jenazah almarhumah Selasa (7/8/2018) akan dikuburkan di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.


Demikian dikatakan salah seorang mahasiswanya di FISIP UI dan KetuaAsosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI)  2018-2022,  Dr. Ida Ruwaida Noor, M.Si,  Selasa (7/8/2018) di Jakarta.

Dijelaskan,  alharhumah berlatar hukum namun mengajar di sosiologi antropologi, kesejahteraan sosial dan prog studi kajiamn wanita dan gender.

“Dikalangan dosen, mahasiswa dan relasinya, dia sering disapa dengan panggilan, Ibu Antropologi Hukum  dan gran mother studi wanita Indonesia,” tegas  dosen sosiologi Fisip UI Jakarta.

“Bagaimana mungkin kami lupa atas dedikasi Ibu pada isu perempuan, anak dan keluarga,” tegas Ida seraya menambahkan,  saya menangis karena demikian terharu saat jenguk almarhumah.

Ditengah sakit, dengan suara pelan dan terbata Ibu masih sempat bertanya, “Bagaimana penelitian Ida tentang perkawinan anak? ‘’.

Sungguh cermin kepedulian yang luar biasa hingga di usia senja almarhumah dan kami akan selalu mengingat jasa-jasanya, kata doktor sosiologi UI Jakarta ini.

Ihromi lahir di Pematang Siantar April 1930. Sarjana Hukum UI Jakart 1958. Magister Antropologi Budaya UI Jakarta.

Doktor  Antropologi Hukum UI 1978, menulis disertasi berjudul, Adat Perkawinan Toraja Sa’dan dan Tempatnya dalam Hukum Positif Masa Kini.

Karya buku yang jadi rujukan  antara lain: Bianglala Hukum: Hukum dan Antropologi, Hukum dan Integrasi Bangsa.

Hukum dan Kedudukan Wanita, Antropologi Hukum dan Polisi, Wanita dan Kesadaran Hukum (1986), Kajian Wanita dalam Pembangunan (1995).

Penghapusan Diskriminasi Terhadap Wanita, sebagai ko-editor bersama Sulistyowati Irianto dan Achie Sudiarti Luhulima (2000).

Comment