Ratusan Pusaka Nusantara di Pamerkan di Pinrang

oleh

PINRANG, BERITA-SULSEL.COM– Ratusan benda pusaka nusantara akan menghiasi Gedung Dharma Wanita PKK Kabupaten Pinrang. Benda pusaka tersebut akan pamerkan ke masyarakat umum.

Pengurus Pusaka Bumi Lasinrang (PBL), Abdul Kadir mengatakan, pameran benda pusaka dilaksanakan tanggal 10 hingga 12 Agustus 2018 ini merupakan rangkaian HUT RI ke 73.

Kata dia, melalui pameran tersebut, pihaknya juga akan melakukan pelantikan Pengurus organisasi Pusaka Bumi Lasinrang (PBL).

“pameran benda pusaka yang akan berlangsung selama 3 hari akan diikuti 12 organisasi ousaka dari berbagai daerah di Nusantara,” ujarnya, Jumat (10/8/2018).

Sementara itu, ketua panitia pameran benda pusaka, Andi Pallawagau mengatakan, jumlah pusaka yang akan dipamerkan mencapai 1000 jenis seperti keris, pedang dan tombak.

“Panitia memberikan batas waktu barang pusaka yang akan dipamerkan,” ungkap Andi Pallawagau.

Selain pameran benda pusaka, kata Andi Pallawagau, pihaknya juvamenampilkan pusaka khas Kabupaten Pinrang milik Petta Lasinrang – Bakkalolona Sawitto.

“Aneka pusaka yang dipamerkan merupakan peninggalan dari berbagai zaman.  Termasuk pusaka milik pejuang Pinrang Petta Lasinrang,” tutur Pallawagau.

“Benda-benda pusaka tersebut merupakan milik para kolektor pusaka dari berbagai kota di Sulawesi Selatan dan dari daerah lain,” tambahnya.

Kata dia, pameran pusaka sebagai bentuk melestarikan mahakarya leluhur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *