Wabup Gowa Hadiri Temu Kader Institusi Masyarakat Pedesaan

GOWA, BERITA SULSEL.COM – Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni, menghadiri temu kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung.

Abd Rauf mengatakan, dirinya cukup berbahagia karena dapat bertemu dan berkumpul dengan para kader KB yang ada di lapangan yang terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD). “Ini merupakan perjumpaan kita yang ketiga setelah saya menjadi wakil bupati Gowa, yang mana pada pertemuan pertama kita di tahun 2016 yang lalu saya menjanjikan meningkatkan biaya operasional, maka perjumpaan kita yang ke-2 tahun 2017 lalu telah kami realisasikan, rata-rata peningkatannya Rp50.000 setiap kader,” jelasnya.


Untuk tahun 2018 167 PPKBD dan 167 Sub PPKBD telah menerima dana operasional sebanyak Rp250.000 per bulan, dan khusus tahun ini, semua dana operasional PPKBD dan Sub PPKBD sudah dilakukan transaksi non tunai dengan mentransferkan ke rekeningnya masing-masing.

“Peningkatan biaya operasional bagi IMP ini sebagai bentuk penghargaan kita semua terhadap semua karya nyata yang telah dilakukan oleh para kader KB yang ada di lapangan selama ini, kita berharap dengan adanya peningkatan biaya operasional ini kinerja baik yang telah ditunjuk selama ini akan dapat terus ditingkatkan untuk di masa masa yang akan datang,” katanya dihadapan para kader IMP yang hadir.

Lebih lanjut, Wabup Gowa menyampaikan bahwa Kabupaten Gowa merupakan Kabupaten terbesar ketiga jumlah penduduknya setelah Makassar dan Bone. Dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 753.000 jiwa, bukan hanya karena kelahiran tetapi juga dipengaruhi oleh jumlah orang yang masuk ke Gowa.Dari data yang telah dihitung oleh Dinas PP dan KB Kabupaten Gowa, selamat tahun 2017 telah berhasil melakukan kelahiran tercegah sebanyak 18.093 kelahiran.

“Angka inilah merupakan suatu hal yang membanggakan dan tentunya pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh kader KB yang ada di lapangan. Kita patut bersyukur dengan apa yang telah kita capai, namun upaya kader di lapangan masih harus ditingkatkan ,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, para kader IMP harus terus meningkatkan kualitas diri sebagai seorang kader. “Para kader harus dapat meningkatkan kualitas diri karena tantangan ke depan tidak dapat diselesaikan bila kita tidak berusaha untuk meningkatkan pengetahuan kita,  sementara untuk dinas PP dan KB, saya berharap terus berupaya meningkatan kualitas PPKBD dan Sub PPKBD dapat menjadi prioritas dalam rencana kegiatan OPD dinas PP dan KB di masa masa yang akan datang,” harapnya.

Dikempatan ini pula, wabup Gowa membuat games untuk para Kader IMP, bagi siapa saja yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkannya, maka akan mendapatkan bingkisan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Sofyan Daud menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga sekaligus dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen para kader IMP dalam pelaksanaan program-program KB.

“Jadi ajang pertemuan kita kali ini sebagai wujud komitmen kita dalam melaksanakan program kerja dan tugas-tugas lainnya yang telah diberikan oleh Pemda Gowa kepada Dinas PP  KB, ” kata Sofyan.(an).


Comment