PP-IPTEK Kemenristekdikti Gelar Workhshop untuk Guru di Provinsi Riau

oleh

PEKANBARU, BERITA-SULSEL.COM – Perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas ) ke-23 di Pekanbaru, Pusatgaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai sains center melakukan workhshop tanggal 8 dan 9 Agustus 2018 di Balitbang Provinsi Riau.

Kegiatan dilaksanakan bersama Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Balitbang Provinsi Riau dan Universitas Riau dengan tujuan agar guru dan anak didik memahami iptek lebih mudah dan terhibur.

Hendar Sudradjat dari FKIP Universitas Riau yang hadir sebagai pembicara mengatakan, peserta antusias mengikuti workshop fisika.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru SMA/SMK sekitar Kota Pekanbaru. Ada 56 peserta yang hadir. Kegiatan menambah wawasan dalam mengembangkan ilmu sains di sekolah masing-masing,” tutur Hendra.

“Melalui kegiatan seperti ini kita memperkenalkan produk teknologi pendidikan dan meningkatkan minat siswa terhadap sains, karena anak-anak yang menyukai sains sangat minim secara kalkulasi, hanya sekitar 15% saja,” tambahnya.

Kata dia, penekanan dari kegiatan ini adalah membangun sikap, menjadikan sains sebuah kebutuhan, selama ini anak-anak menganggap sains sebagai beban, guru-guru lebih giat berupaya meningkatkan kualitas.

“Sekolah juga harus memberikan perhatian dalam mengembangkan sains ” tutup Hendar.

M. Junaidi, dari SMA It Al Fityah Pekanbaru mengaku, dirinya baru mendengar PP IPTEK.

“Kami semangat jika kegiatan seperti ini, sering dilakukan agar kami sebagai guru dengan mudah bisa mengajarkan kepada siswa-siswi di depan kelas,” tuturnya.

“Kami berharap PP IPTEK sebagai sains centre lebih banyak melakukan kegiatan pembelajaran melalui media online,”tuturnya. (YN )

Tinggalkan Balasan