PP-IPTEK Ajari Pelajar di Riau Buat Roket Air dari Botol Plastik

oleh

PEKANBARU, BERITA-SULSEL.COM – Keberadaan arena Ritech Expo dalam rangkaian Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas) ke-23 di Pekanbaru, Riau menyimpan daya tarik tersendiri.

Seperti dilakukan Pusat Peragaan Ilmu Pengatuan dan Teknologi ( PP-IPTEK ) dengan workshop Fisika yang mengajarkan peserta membuat roket air sederhana dari botol plastik.

Usai membuat roket airnya, peserta menuju halaman Kantor Gubernur Provinsi Riau untuk meluncurkan roket buatan mereka secara bergantian.

Ratusan pelajar hadir menyaksikan pameran roket air yang diadakan Pusat Peragaan Iptek ( PP-IPTEK ) di Lapangan Kantor Gubernur, Jumat, 10 Agustus 2018 dengan diawali peluncuran roket asap Direktur PP-Iptek, M Syahrial Annas Fasihu dengan menekan tombol star.

Pelajar menyempatkan diri mengunjungi stan PP-IPTEK di arena Ritech Expo 2018 untuk mencoba sains menggunakan alat dan bahan sederhana yang disediakan.

” Belajar sain ternyata mudah, tidak seperti yang dibayangkan, asik dan menarik. Kami bisa bermain sambil belajar,” tutur Ikbal, salah satu siswa kelas IX.

Pameran tahunan yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyajikan beragam hasil riset dan inovasi anak bangsa di bidang teknologi. Termasuk dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator di bidangnya.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Menristekdikti Mohamad Nasir yang mengunjungi arena Ritech Expo 2018 usai peringatan puncak Hakteknas menyambut positif beragam produk yang ditampilakan masing-masing stan.

Mohamad Nasir mengajak masyarakat mengenal inovasi anak bangsa di bidang teknologi lebih dekat, sehingga dapat menambah wawasan, dan menjadi sumber inspirasi serta motivasi.

“Jumlah riset kita masih banyak ditingkat dasar dan terapan. Sedangkan riset yang jadi inovasi masih kecil. Karena itu, Hakteknas di daerah bertujuan mendorong inovasi baik di tataran daerah maupun nasional,” ujar Menteri Nasir. (*)

Tinggalkan Balasan