Adnan IYL : Pramuka Tidak Berpolitik Praktis

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM –  Seribuan orang dari berbagai gugus depan yang ada di Gowa  menghadiri peringatan Hari Pramuka, pada hari Selasa, (14/8/2018).

Peringatan Hari Pramuka yang ditandai kegiatan perkemahan dari 12-15 Agustus ini bertempat di Bumi Perkemahan Cadika Limbung, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutan seragam ketua kwartir nasional, Dr Adhyaksa Dault di Hari Pramuka ke 57 tahun ini menegaskan bahwa 2018 sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Bupati/Walikota serta menyusul pencalonan anggota legislatif dan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden tentunya memunculkan satu kondisi yang situatif.

Karena itu diharapkan anggota Pramuka di selurub jenjang hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk pikuk perpolitikan meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik.

“Saya berpesan hendaknya gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis ini,” kata Adnan menyampaikan imbauan Ketua Kwartir Nasional.

Dikatakan Adnan, di usia ke 57 saat ini Pramuka tentu tidak sama dengan kondisi saat dilahirkan. Perlu rebranding Pramuka baru yang dimibtai kaum muda. Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman tidak terkesan kuno dalam era digital komunikasi dewasa ini.

Anggota Pramuka saat ini adalah generasi cyber yang online setiap saat dan selalu update status dan mengungkap kondisinya secara realtime dalam medsos.

“Pramuka harus keren, gembira, asik dan menyenangkan. Tantangan juga dihadapi para pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik kepramukaan sehingga tertanam rasa bangga menjadi Pramuka. Para pelatih juga harus terus menerus mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan bagi para pembina Pramuka.

Hadir dalam peringatan Hari Pramuka ini Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa, Ansar Zaenal Bate, Ketua Kwarcab Gowa, Muchlis yang juga Sekretaris Kabupaten Gowa, dan para ketua-ketua Kwartir Ranting se Gowa. (an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *