VIDEO. UNM Gelar Upacara Hari Kemerdekaan RI ke 73

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara yang dilaksanakan di pelataran Gedung Phinisi UNM, Jumat (17/8/2819) dihadiri semua dosen dan karyawan serta mahasiswa ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Satyalencana Karya Satya dari presiden RI Joko Widodo melalui Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam.


Penghargaan diberikan kepada dosen yang mengabdi selama 10 hingga 30 tahun.

Prof Husain Syam mengatakan, melalui HUT RI dan peringatan Dies Natalis ke- 57 UNM, pihaknya memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berkonstribusi untuk lembaga.

Prof Husain membacakan sambutan Menristekdikti, Mohamad Nasir mengatakan, saat ini Indonesia banyak dipuji karena stabilitas politiknya, perkembangan ekonominya yang sehat serta prestasi-prestasi yang dicapainya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Kita semua juga merasa bangga akan prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang kompetisi internasional di pelbagai bidang.

Pada bulan Juli 2018, putra terbaik kita mampu meraih emas pada lari 100 meter Kejuaraan Dunia U-20.

Minggu lalu pun, tim U-16 kita mampu mencapai juara pertama piala AFF U-16. Di bidang sains, gagasan mahasiswa kita yaitu mobil sampah plastik menjadi juara di ajang inovasi teknologi Shell Ideas 360, inovasi mahasiswa kita menjadi juara dunia
pada ajang adu cepat mobil hemat energi Drivers’ World Championship, dan masih banyak karya inovasi lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Hal ini sungguh mengagumkan dan memperkuat keyakinan kita akan kekuatan intelektual dan kreativitas putra-putri Indonesia. Inilah “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA”, yang akan memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia.

Beberapa hari yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23.

Peringatan tersebut merupakan wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dan prestasi putra￾putri bangsa Indonesia yang gemilang di bidang iptek. Cukup banyak prestasi yang membanggakan dan dipamerkan lebih dari ratusan produk inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian dan daya saing bangsa. Inilah “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA”.

Namun demikian, pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat, khususnya pelaku ekonomi dan industri, masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu, sebagai institusi iptek kita harus terus meningkatkan
sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan bangsa.

Upacara ini juga dihadiri mahasiswa penerima bantuan bidik misi dan mahasiswa Thailand. (*)

Berikut Videonya

Comment