3 Jenis Investasi Murah untuk Generasi Milenial

BERITA-SULSEL.COM – Dewasa ini, gaya hidup konsumtif seakan sangat dekat dan menyebar di kalangan generasi milenial.

Pada platform sosial media Instagram contohnya, dapat dengan mudah kita temukan milenial bergaya hidup mewah berfoto memakai barang mahal serta penampilan glamor.


Bahkan sejumlah kasus juga ditemukan, anak muda berani berhutang melalui KTA (kredit tanpa agunan) agar mendapatkan fresh money untuk mempercantik feeds dengan plesir mewah dan membeli barang mahal, bukannya untuk kegiatan lebih bermanfaat seperti investasi.

Memang, nampaknya belum banyak milenial memahami betul bahwa gaya hidup berlebihan seperti itu tidak akan memberi keuntungan.

Sebagian besar, youngsters belum memahami lebih penting investasi daripada hura-hura. Padahal, sebenarnya ada 3 investasi yang bisa dilakoni oleh generasi muda tanpa harus memangkas jatah hura-hura mereka terlalu jauh. Berikut adalah ulasannya:

Investasi Reksadana

Dengan modal paling kecil 100 ribu Rupiah, para millenials sudah bisa ikut invest reksadana. Apalagi, investasi reksadana pun termasuk ke dalam kegiatan menabung yang memiliki tingkat risiko sangat rendah jika dibandingkan dengan investasi lain.

Sebab itu, reksadana dianjurkan untuk mereka yang baru akan mulai atau mencoba menanam modal. Cara investnya juga cukup mudah serta cukup terbantu oleh banyaknya platform dan perusahaan manajer investasi.

Investasi Saham

Sejak 12 November 2015, Bursa Efek Indonesia meluncurkan program Yuk Nabung Saham dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Muhammad Jusuf Kalla.

Program ini dibuat untuk mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari menabung menjadi berinvestasi. Faktanya, cara ini cukup berhasil karena per September 2017 tingkat investor aktif meningkat jadi 16.26% dari total investor.

Meski begitu, banyak pihak terutama anak muda mengira jika apabila ingin invest saham, maka jumlah uang yang diperlukan juga sangat banyak. Itu tidaklah benar, karena dengan modal 500 ribu saja sebenarnya Anda telah dapat menanam saham.

Investasi Rumah Murah

Bukan lagi menjadi rahasia bila kini pemerintah sedang menggalakkan proyek sejuta rumah untuk menyuplai kebutuhan rumah.

Proyek sejuta rumah ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hunian dijual yang berada di dalam program ini merupakan jenis rumah murah dengan dukungan produk KPR bersubsidi.

Ini adalah kesempatan pas untuk para generasi milenial membeli rumah murah ditengah terpaan lonjakan harga rumah yang semakin menggila belakangan ini.

Rumah murah biasanya mempunyai persyaratan DP ringan, tidak sampai 10 juta Rupiah dan cicilan hanya 700 ribuan per bulan.

Cocok bukan, bagi generasi milenial yang tetap ingin investasi tanpa mengurangi jatah konsumsi entertainment sehari-hari?


Comment