2020 Gowa jadi Kabupaten Pendidikan

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan merasa optimis bahwa daerah yang dipimpinya akan menjadi daerah  Kabupaten Pendidikan pertama di Sulawesi Selatan  pada tahun  2020 mendatang.

Menurut Adnan, untuk bisa menjadi Kabupaten Pendidikan memang tantagannya cukup berat karena melalui berbagai tahapan. Namun demikian, tahapan itu akan bisa dilalui dengan baik. Adnan mengaku dirinya sangat yakin paling lambat tahun 2020 mendatang, semua indikator kabupaten pendidikan sudah bisa dipenuhi.


“Meski ada tahapan yang harus dilalui, tapi saya yakin paling lambat tahun 2020 mendatang, Gowa sudah bisa kita jadikan sebagai daerah Kabupaten Pendidikan,” kata Adnan di Sungguminasa.

Adapun indikator yang saat ini sudah dipenuhi lanjutnya, sudah mencapai 80% yaitu 21 dari 27 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM).

salah satu SPM dari 27 indikator yang dimaksud antara lain menyangkut isi ruang kelas.Dimana dalam satu kelas indikator rasionya harus 32 siswa dalam satu rombel (rombongan belajar).

Dalam memenuhi indikator SPM itu kata dia, ada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mesti dipenuhi antara lain standar pengelolaan, standar proses, standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan standar tenaga pendidikan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan, standar sarana dan prasarana.

“Pendidikan memang merupakan program prioritas dalam visi pembangunan Kabupaten Gowa. Karena itu, kami terus berbenah melengkapi semua indikator untuk menjadikan Gowa kabupaten pendidikan,” ujarnya. (an).


Comment