Pejabat Walikota Palopo Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah di Jakarta

PALOPO, BERITA-SULSEL.COM – Pejabat Walikota Palopo, Andi Arwien menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jalan Senen Raya No 1 Jakarta, Kamis 20 September 2018.


Menurut Andi Arwien, Rakernas kali ini mengutip pernyataan keynote speech dan diharapkan agar masyarakat Indonesia bisa mengakses dan memahami isi dari laporan keuangan agar dapat ikut mendukung kebijakan pemerintah.

“Tema yang dibahas dalam Rakernas tahun ini yakni Pengelolaan Keuangan Negara Yang Sehat Untuk Indonesia Kuat,” sebut Andi Arwien.

“Setiap tahun pencatatan keuangan kita harus terus mengalami perbaikan. Agar Pemerintah kembali mendapatkan opini WTP pada LKPP, LKBUN dan LKPD tahun 2017,” ungkap Andi Arwien.

Kata Arwien, WTP salah satu cara untuk mengurangi tata kelola keuangan yang kurang baik seperti korupsi.

“Tata kelola keuangan yang baik merupakan proses akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat, sehingga dapat membangun kepercayaan terhadap instansi publik,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Arwien, ada 8 daerah telah menerima opini WTP selama 5 tahun berturut-turut. “Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang sudah memperoleh WTP dan menjaga transparansi serta akuntabilitasnya,” terangnya.

Kepala BPKKAD Provinsi Sulsel ini juga nenyampaikan kutipan bahwa seluruh instansi pusat dan daerah untuk mengelola keuangan negara dengan baik agar terus memperoleh WTP.

“Pemerintah harus menjadikan opini WTP sebagai batu loncatan untuk mengurangi tata kelola yang buruk yang berujung pada terjadinya korupsi,” paparnya.

” Negara tentunya berharap seluruh jajaran Kementerian, Lembaga dan Daerah dapat menggunakan APBN dengan sebenar-benarnya untuk memperbaiki dan menjaga ekonomi Indonesia,” ujarnya.(*)

Comment