5 Atlit Junior Panjat Tebing Sulsel akan Berlaga di Kejurnas Kelompok Umur di Riau

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Federasi Panjat tebing Indonesia ( FPTI ) Sulsel jelang perhelatan Porda XVI Pinrang, mengirimkan 5 atlit juniornya untuk berlaga pada kejuaraan nasional kelompok umur di Propinsi Riau.

Kelima atlit tersebut yakni Ary Prasetyo umur 17 tahun dari FPTI Makassar yang turun di kelas junior, Muhammad Fajrin umur 16 tahun dari FPTI Sinjai akan turun di kelas youth A, Muh fajar Putra armanyah umur 14 tahun dan M. Yusuf 12 Tahun masing masing dari FPTI Sinjai akan turun dikelompok youth b dan c serta Salsabila 11 tahun dari FPTI pinrang akan diturunkan di kelompok umur youth D.


ke lima atlit junior ini akan berlaga tanggal 22 – 29 September untuk kategori lead (kesulitan ), Speed WR dan speed klasik, bouldering dan kategori combine.

Ketua umum FPTI Sulsel Ir. Imam Subekti berharap keikutsertaan pihaknya di event ini sebagai ajang seleksi mengikuti ASIAN YOUTH Championship di Beijing bulan November mendatang.

“Kami berharapkan para atlit akan memacu semangat untuk menoreh raihan prestasi maksimal ditingkat nasional maupun international,” ujarnya, Kamis (20/9/2018).

Kata dia, pembinaan akan terus dilakukan secara kontinyu untuk melahirkan atlit  panjat tebing yang mampu bersaing dengan daerah lain.

“Hal ini tidak akan bisa maksimal dicapai jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak, khususnya KONI Sulsel, Dispora, pemerintah dan pihak terkait dalam upaya pembinaan atlit usia dini,” paparnya.

Senada disampaikan Sekretaris FPTI Sulsel, Ahmad Lubis. Kata dia, pembinaan yang dilakukan selama ini untuk kepentingan Sulsel kedepan.

“Sistem pembinaan sudah berjalan secara terstruktur di pengurus kabupaten, Pengprov FPTI rutin melakukan talent scouting dan pemantauan bakat guna melahirkan atlit yang mampu bersaing dengan provinsi lain,” paparnya.

Walau tidak ada target, kata Ahmad,  Pengprov berharap ada hasil maksimal yang bisa dibawa pulang, paling tidak bisa menjadi ajang pengalaman bertanding dan menguji mental dan psykologis anak-anak.(*)


Comment