Gempa Bumi 3.1 Skala Richter Terjadi di Timur Laut Sinjai

BERITA-SULSEL.COM – Setelah Palu dan Donggala, Gempa bumi kembali terjadi di Indonesia. Kali ini terjadi di Timur Laut, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Staf PGR IV Makassar, Kaharuddin, S.Si mengatakan, gempa yang terjadi kali ini kekuatannya lebih kecil yakni 3.1 skala richter.


Gempa ini terjadi tanggal 1 Oktober 2018, pukul 19:39:04 WITA. Lokasi : 5.17 Lintang Selatan – 120.45 bujur timur atau 37 kilometer di Timur Laut Sinjai.

Gempa bumi terjadi dikedalaman 38 kilometer dan dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan Tellu Limpoe, Sinjai Timur sebesar dibeberapa wilayah.

Getaran gempa bumi ini juga dirasakan warga Bulukumba. (*)

Gempa Bumi 3.1 Skala Richter Terjadi di Timur Laut Sinjai

Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM mengatakan, wilayah pesisir Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik.

Kata dia, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 3.1 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.17 LS dan 120,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah TimurLaut Sinjai , Propinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 38 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Walanae,”ujarnya.

“Guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan Tellu Limpoe Sinjai Timur.
Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” paparnya.

“Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotenai stunami,” tambahnya. (*)

Comment