Ini Pemenang Kompetisi Roket Air Nasional PP-IPTEK Kemenristekdikti

oleh
Ini Pemenang Kompetisi Roket Air Nasional PP-IPTEK Kemenristekdikti

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Kompetisi Roket Air Nasional 2018 kali ini, mempertemukan 123 peserta tim roket air dari pelajar usia 12-16 Tahun di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Jombang, Pontianak, Banjar Baru, Bandar Lampung, dan Palembang.

Peserta telah mengikuti Workshop dan praktek Pembuatan Roket Air di PP-IPTEK, Peluncuran Kompetisi Roket Air Regional 2018 di Lapangan Lapan, Bogor Minggu, 30/09/2018.

Navida Rahma Ramadhan dari MTSN 1 Pontianak , mengukir prestasi nasional di bidang roket air. Tim Roket Air asal pontianak ini, berhasil menjadi juara 1 pada ajang Kompetisi Roket Air Nasional 2018 yang di selenggrakan oleh Pusat Peragaan Iptek Kemenristekdikti ( PP-IPTEk ), dan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) di Jakarta dan Bogor.

Juara I KRAN 2018, Navida Rahma Ramadhan asal MTSN 1 Pontianak, Kalimantan Barat

“Alhamdulilah sebagai Juara 1, dan terimakasih untuk guru pembimbing saya. Membang butuh ketelitian dan waktu bagi saya untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba ini, sebelumnya telah mengikuti lomba tingkat Regional di pontianak dan keluar sebagai juara 6, sehingga bisa berada di tempat ini bersama teman-teman dari pontianak hadir disini,”ungkap Navida

Hal senada disampaikan Amelia, guru pendamping. Amelia merasa bangga dan senang murid saya berhasil sebagai juara 1 tingkat Nasional di bidang Roket Air, Dia ( Navida ), siswi kelas 8, memang salah satu siswa yang pandai di sekolah, dan hari ini telah memberikan yang terbaik bagi sekolah dan para pelajar dari Pontianak, Kalimantan Barat.

“Sebelum ke Ajang Internasional bulan November 2018 di singapore kami akan mempersiapan diri dengan sering berlatih membuat roket air,” ujarnya.

Sistem penilaian lomba roket air tingkat SMP menggunakan sistem penilaian jarak terdekat dengan titik sasaran. Artinya, roket yang jarak jatuhnya paling dekat dengan titik sasaran akan menjadi pemenang.

Berikut Pemenang Kompetisi Roket Air Nasional ( KRAN) 2018 :

Juara I Navida Rahma Ramadhan dari MTSN 1 Pontianak dengan jarak 0,88 m

Juara II Anggi Rama Dani dari SMPN 37 Bandar Lampung dengan jarak 0,98 m

Juara III Nauval Muhammad Muzaki dari SMPN 1 Magelang dengan jarak 1,21 m

Harapan I Irsyad Arif Firmansyah dari SMPN 1 Magelang dengan jarak 1,44 m

Harapan II Irgi Hilman Abdillah dari MTS Khairul Ummah Jakarta dengan jarak 1,90 m

Harapan III Muhammad Razan Raditya dari SMPN 1 Magelang dengan jarak 2,47 m .

Para pemenang berkesempatan untuk menjadi delegasi Indonesia dalam ajang International Water Rocket Competition yang akan diselenggarakan oleh JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) pada bulan November 2018 di Singapura. (YN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *