Penderita Diabetes Jangan Coba Konsumsi Makanan Ini

Indonesia, Negara Dengan Penderita Diabetes Kelima di Dunia

Indonesia, Negara Dengan Penderita Diabetes Kelima di Dunia

BERITA-SULSEL.COM – Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja. Orang-orang dengan riwayat orang tua penderita diabetes, ia memiliki risiko terserang diabetes lebih tinggi.

Pola hidup yang tak sehat digadang-gadang sebagai penyebab utama kenapa seseorang bisa terserang diabetes. Untuk itu, penting bagi setiap orang agar memiliki pola hidup dan makan sehat demi menekan risiko diabetes.


Bagi penderita diabetes, ia juga tak boleh sembarangan dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi sehari-hari. Melansir dari laman prevention.com, ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi penderita diabetes. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

Kue Manis
Kue dengan rasa manis memang menggugah selera. Namun, penderita diabetes sangat pantang mengonsumsi makanan ini. Kandungan gula dan kalori yang cukup banyak dalam kue dikhawatirkan bisa membuat diabetes jadi makin parah. Jika memang ingin mengonsumsi kue, ada beberapa jenis kue yang memang baik bagi penderita diabetes.

Minuman Bersoda
Selanjutnya yang pantang dikonsumsi penderita diabetes adalah minuman bersoda. Disadari atau tidak, minuman bersoda justru mengandung glukosa yang sangat banyak. Jika ini dikonsumsi penderita diabetes, penyakit diabetes yang ada bisa berisiko parah.

Buah Kering
Penderita diabetes dilarang mengonsumsi buah yang telah dikeringkan atau buah dalam kemasan kaleng. Buah-buahan jenis ini mengandung banyak gula yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Jus Buah
Baik jus buah yang dibuat sendiri dengan tambahan gula dan susu atau jus buah dalam kemasan, keduanya wajib dihindari penderita diabetes. Jus buah yang mengandung gula sangat berbahaya buat kesehatan penderita diabetes. Ini bisa menyebabkan diabetes kambuh kapan pun dan di mana pun.

Nasi Putih
Hindari nasi putih jika kamu menderita diabetes. Kenapa harus menghindari nasi? Nasi mengandung glukosa yang tinggi sehingga sangat berbahaya buat kesehatan. Jika sebelumnya kamu tak bisa lepas dari nasi putih, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi beras merah dan nasi jagung.

Makanan Ringan dan Gorengan
Hindari semua jenis makanan ringan dan gorengan jika ingin sembuh dari risiko diabetes. Makanan ringan dan gorengan mengandung kalori yang tinggi sehingga tidak baik buat kesehatan tubuh. Makanan ringan dan gorengan yang mengandung garam, MSG juga penyedap lainnya bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan memperburuk risiko diabetes.

Ladies, itulah sedikitnya 6 makanan yang pantang dikonsumsi penderita diabetes. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga pantang dikonsumsi adalah makanan berkafein, cokelat, daging olahan, susu dengan kandungan lemak tinggi dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam menjaga kesehatan tubuh

sumber : vemale.com

Comment