Gempa Bumi Berkekuatan 4,2 SR Guncang Kabupaten Wajo, tidak Berpotensi Tsunami

BERITA-SULSEL.COM – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupate Wajo, Sulsel Selasa, 9 Oktober 2018.

Hasil analisis BMKG menunjukan, gempa yang terjadi pukul 09:03:55 WITA dengan episenter 3.82 LS- 120.23 BT sekitar 23 km Tenggara Sidrap, Sulawesi Selatan berkekuatan M=4.2.


Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM mengatakan, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di Wilayah Wajo, Sulawesi Selatan.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan, dampak gempa bumi berupa goncangan dirasakan di wilayah Palopo, Siwa dan Sengkang dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II – III MMI),” paparnya.

Kata dia, hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

“Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Palopo, Siwa dan Sengkang serta daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi,” terangnya.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar. (*)

Comment