Dosen UNM Ini Bantu Petani Jagung Gowa

oleh
Dosen UNM Ini Bantu Petani Jagung Gowa

BERITA-SULSEL.COM – Guna meningkatkan produktifitas petani jagung di Kabupaten Gowa, Dosen Universitas Negeri Makassar, Dr. Yasdin, M. Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, M.Pd melakukan pendampingan dalam bentuk kemitraan masyarakat.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Dikti tersebut pada tahun anggaran 2018. Dalam (PKM) tersebut, Yasdin dan Akil menerapkan teknologi mesin pemipil jagung.

“Ini sebagai bentuk keresahan kami kepada mitra, mereka selama ini memipil jagung dengan cara manual. Pakai tangan. Makanya kami berusaha membantu melalui mesin pemipil jagung. Bahan bakarnya juga pakai gas karena lebih murah, ” kata Yasdin yang doktor lulusan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yasdin juga berharap, PKM itu dapat meningkatkan omset dari petani jagung di Kecamatan Bontonompo. “Yah, setidaknya waktu mereka bisa digunakan untuk urusan lain. Pendapatan mereka juga kami harap meningkat, ” tambah Yasdin.

Salah seorang warga, Rannu, merasa sangat terbantu dengan PKM ini. Ia mengaku, waktu yang digunakan untuk memipil jagung lebih efisien. ” Waktu kami yang tersisa bisa digunakan mengerjakan yang lain, ” kata Rannu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *