Wakil Dekan FE UNM Bantu Petani Tadah Hujan

oleh
Wakil Dekan FE UNM Bantu Petani di Takalar Tadah Hujan

BERITA-SULSEL.COM – Dosen Universitas Negeri Makassar, Sahade, S. Pd., M. Pd dan Haripuddin, ST., MT membuktikan kepeduliannya kepada para petani. Wujud kepedulian itu dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sahade dan Haripuddin membantu masyarakat Kelurahan Sombala Bella, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar dalam menyediakan air untuk persawahan.

Sahade menerapkan teknologi pembuatan sumur bor sistem buka tutup dan pompa air berbahan bakar gas untuk persawahan tadah hujan. ” Masyarakat petani sering kekurangan air, kami berusaha memberikan solusi,” kata Sahade.

Sahade yang Wakil Dekan Kemahasiswan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar menambahkan, teknologi yang diterapkan memiliki keunikan. ” Ini karen pompanya berbahan bakar gas. Lebih murah, tentu sangat membantu petani,” imbuhnya.

Program yang dilaksanakan Sahade merupakan anggaran bantuan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Program ini dirasakan warga sangat membantu.

“Ini sangat membantu kami. Kalau masih ada kegiatan lain di kami, kami sangat tentu bersyukur sekali, ” kata Daeng Luwang, salah seorang Warga Lingkungan Tala, Pattalassang, Takalar, di sela-sela kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *