LLDIKTI IX Mou Pembelajaran Jarak Jauh dengan UNM dan UT  

oleh
LLDIKTI IX Mou Pembelajaran Jarak Jauh dengan UNM dan UT  
MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM –Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Prof Dr. Jasruddin, M.Si, Jumat (2/11/2018) di Ballroom Pinisi UNM Makassar.

Telah  menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Terbuka (UT) Jakarta.

Penandatanganan ini dilakukan Kepala LLDIKTI IX, Jasruddin dengan Rektor UNM, Prof Dr. H. Husain Syam, M.TP serta Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat M.Bus, Ph.D.

MoU yang ditandangani  terkait partisipasi pendidikan melalui peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia.

Menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sekaligus peningkatan sumber daya manusia (SDM), penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sebanyak 60 perguruan tinggi swasta se-Sulawesi hadir menyaksikan penandatangan dan kuliah umum menampilkan nara sumber Rektor Universitas Terbuka. Prof Ojat Darojat M.Bus, Ph.D.

Kuliah umum ini mengusung tema, Pembelajaran dalam jaringan di Era Revolusi Industri 4.0 dengan moderator Ketua LLDIKTI IX, Jasruddin.

Ojat menegaskan  mengembangkan online learning sangat dibutuhkan sekarang ini. Apalagi terkait sentuhan perkembangan teknologi 4.0

Saat ini  dunia telah berada pada era revolusi industri 4.0. Karena itu, sistem pendidikan tinggi, termasuk PJJ, harus mampu beradaptasi dengan merancang terobosan dan program seirama perubahan dan  perkembangan zaman.

Rektor UNM, Prof Husain Syam, menilai  kerja sama  ini  tindaklanjut amanah Menteri Menristekdikti.

Pendidikan jarak jauh (PJJ)  salah satu solusi untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia. Mengingat, APK saat ini masih berada pada angka 32 persen.

Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Jasruddin menegaskan secara tekhnis PJJ akan dibicarakan lagi secara tehnis dengan UNM serta UT.

Perguruan tinggi swasta yang akan melakukan pembelajaran dalam jaringan secara kolektif dilakukan penandatangan dengan tetap menjadikan UNM dan UT sebagai rujukan.

Dalam materi pembelajaran dan penyediaan infrastruktur jaringan, tegas mantan Direktur PPs-UNM ini.

Saat penandatanganan turut hadir Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI IX Sulawesi, Munawir Sadzali Razak, S.Ip, MA. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *