Angka Pencari Kerja di Gowa Mencapai 20.453 Jiwa, 

oleh
ilustrasi pencari kerja

GOWA,  BERITA-SULSEL.COM -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan menggelar job fair.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Hari Jadi Gowa ke ke 698 yang akan berlangsung 17 November mendatang.

Kegiatan job fair yang akan dilaksnakan Disnakertrans tanggal 12 hingga 14 November nanti merupakan salah saru upaya Pemkab Gowa untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dari data penduduk Kabupaten Gowa pada tahun 2017 lalu, terdapat 333.179 jiwa yang tercatat sebagai angkatan kerja. Sementara yang bekerja hanya 214.028 jiwa. Berdasarkan data tersebut, terdapat selisih yang mencari pekerjaan sebanyak 20.453 jiwa.

Job fair ini merupakan salah satu solusi yang ditawarkan sekaligus merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah agar 20.435 pencaker (pencari kerja) mendapatkan peluang kerja di berbagai perusahaan di Gowa.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Gowa, Salehuddin Bachtiar didampingi Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Andi Jasnuddin selaku Ketua Panitia Job Fair mengatakan, job fair ini akan dihelat tiga hari di Istana Tamalate kompleks Museum Istana Balla Lompoa.

“Tujuan kami melakukan job fair atau bursa kerja ini adalah untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan,” ujarnya.

“Inilah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dengan memediasi para pencaker agar cepat dapat pekerjaan melalui perusahaan-perusahaan kolega kami baik yang ada di Gowa maupun di Makassar,” tambahnya.

Dikatakan sejak job fair ini mulai digaungkan dengan target 60 perusahaan mitra yang ikut, sudah ada sekitar 40 perusahaan yang menyatakan kesiapannya ikut berpartisipasi.

“Insha allah jelang hari pelaksanana job fair ini, jumlah perusahaan peserta bisa mencapai target bahkan lebih. Harapan kami pula saat bursa kerja ini terlaksana maka dalam perharinya ada menyerap 2.000-3.000 pencaker,” terangnya.

“Sampai tiga hari pelaksanaan kita estimasi sampai 10.000 pencaker yang datang dengan sasaran pendidikan mulai SD, SMP, SMA, D1-D3 hingga S1. Sementara S2 tidak kita prioritas,” jelas Salehuddin.

Terkait lowongan yang tersedia saat ino berdasarkan koordinasi dengan berbagai perusahaan tercatat 1.116 lowongan dengan berbagai bidang kerja yang ditawarkan perusahaan-perusahaan.

“Tahun ini terbuka 1.116 lowongan. Dibanding tahun lalu lowongan tersedia hanya 300 itupun mendominasi dari sektor keuangan yakni perbankan dan finance (pembiayaan).

Rata-rata yang mendaftar di bursa kerja tahun lalu adalah tingkat SMA sesuai permintaan pihak perusahaan perekrut. Tingkatan SMA ini dibutuhkan untuk marketing dan saya melihat itu mendominasi dari perusahaan pembiayaan.

Sayangnya, jika melalui perusahaan finance ini status para pekerja belum tentu paten padahal kita berharap perusahaan merekrut mereka sebagai karyawan tetap. Tapi itu kan tergantung permintaan perusahaan kami hanya memfasilitasi melalui bursa kerja ini,” jelas kadis lagi.

Dalam job fair yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Gowa ke 698 ini (17 November 2018), pihak Disnakertrans Gowa akan membuka layanan pengurusan kartu kuning.

” Kita lakukan itu karena biasanya perusahaan penerima langsung melakukan tes dan interview bagi para pelamar sehingga kami beri kemudahan kepada para pencaker untuk tidak susah-susah mengurus kartu kuning di kantor Disnaker karena kami membuka stand khusus di lokasi,” tambahnya.

Ditambahkan Andi Jasnuddin Karaka selaku ketua panitia pelaksana, dalam rangkaian job fair ini nantinya akan dilakukan talkshow dengan menghadirkan narasumber dari sejumlah perusahaan besar termasuk dari perbankan.

“Salah satu tujuan kami melakukan  talkshow ini karena kami merancang satu sistem penggajian karyawan melalui perbankan. Jadi para karyawan di perusahaan-perusahaan kita rancang penggajiannya di bank,” paparnya.

“Kami sudah koordinasi dengan beberapa bank terkait rencana tersebut. Jadi semisalnya Bank Sulsel yang memenangkan pola ini atau BRI atau bank lainnya maka disitu nanti perusahaan akan kerjasamakan,” beber Jasnuddin.

Rencana kerjasama pembayaran gaji via rekening bank ini akan diwujudkan dalam talkshow bertema ‘Pekerja Gemar Menabung’ dan akan dicanangkan oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pada pembukaan job fair 2018 nanti. (an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *