Badan Penanggulangan Bencana Gowa Bangun Posko Pengaduan

oleh
Ikhsan Parawansah

GOWA, BERITA SULSEL.COM – Memasuki musim penghujan yang berpotensi terjadi bencana alam seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Gowa mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan cuaca ekstrim yang dapat terjadi kapan saja.

“Sesuai informasi yang kita peroleh bulan ini (November red) perkiraan cuaca di Kabupaten Gowa akan terjadi hujan yang cukup lebat yang kemungkinan berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor. Jadi kita minta masyarakat tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya,” ucap Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansah saat ditemui diruangannya, Kamis.

Ia menerangkan adapun wilayah yang rawan akan terjadinya longsor berada pada daerah dataran tinggi, seperti di kecamatan parangloe, Biringbulu, Tompobulu, Tinggimoncong, dan Parigi.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, potensi terjadinya tanah longsor itu berada di daerah dataran tinggi, sedangkan banjir itu ada pada dataran rendah, seperti di depan Citra Garden Kecamatan Sombaopu, Desa Kanjilo di Barombong dan di Desa Panakukkang Kecamatan Pallangga,”tambahnya.

Sedangkan untuk memberikan penangan jika terjadi bencana alam banjir, angin kencang, tanah longsor dan angin puting beliung, pihak BPDB Gowa mengaku telah membentuk tim rekasi cepat (TRC) yang selau siap 24 jam membantu masyarakat dan  membangun Posko penangan bencana yang salulu siap 24 jam turun kelapangan.

“Untuk penangan kami telah siapkan posko pengaduan dan pelayanan bencana, jika terjadi bencana longsor ataupun banjir masyarakat langsung saja melapor pasti kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Olehnya itu Ikhsan Parawansyah juga meminta masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungannnya agar kemungkinan banjir tidak terjadi, serta jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait akan terjadi bencana alam. (an).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *