KPU Gagas Program KKN Pemilu dengan Perguruan Tinggi

oleh
Adi Suryadi Culla

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar kerjasama dengan perguruan tinggi untuk melakukan pengawasan pemilihan umum dengan menciptakan program kuliah kerja nyata (KKN) Pemilu.

Program ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melakukan magang. Universitas Negeri Makassar (UNM) salah satu perguruan tinggi yang akan melakukan program KKN Pemilu.

Menyikapi hal tersebut, Dosen Komunikasi Politik Unhas, Adi Suryadi Culla mengatakan,  kerjasama antara KPU dan Perguruan Tinggi, memberikan dampak positif  penerapan tri dharma.

“Konteks tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Program yang dicanangkan KPU sangat baik dengan bersinergi bersama perguruan tinggi seperti UNM,” Senin (5/11/2018).

Ketua Dewan Pendidikan Sulsel ini menjelaskan,  kerjsama KPU dan perguruan tinggi memberikan pembelajaran so konsep pemilu kepada mahasiswa. Sehingga, tugas pengawasan pemilu dapat dibantu dengan partisipatif berbagai pihak, termasuk mahasiswa.

“Selain bisa melakukan pengawasan, mahasiswa juga belajar soal pemilu, politik dan demokrasi. Termasuk sistem kerja para penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Program ini, jelas Culla, akan mendorong partisipasi politik, mengurangi potensi pemilih golput hingga merubah perilaku pemilih serta pelaku politik.

“Terutama antara lain yang menyimpang seperti perilaku politik uang, upaya mewujudkan pemilihan umum yang luber dan jurdil,” terangnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *