SMPN 1 Tinggimoncong Gowa Raih Adiwiyata

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Patut dijempol, SMPN 1 Tinggimoncong, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa meraih penghargaan Adiwiyata atau sekolah berbasis lingkungan.

Penghargaan ini dianugerahkan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah setelah sekolah yang berada di kota wisata Malino Kabupaten Gowa ini masuk dalam 15 SMP se Sulsel yang mendapatkan Adiwiyata tahun 2018 ini beberapa hari lalu setelah melalui proses penilaian ketat jajaran Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel.

Terkait penghargaan ini, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa Amran Azis memberikan apresiasi besar kepada jajaran SMPN 1 Tinggimoncong.

“Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh siswa dan guru serta kepala sekolah di SMPN 1 Tinggimoncong ini impian kita meraih Adiwiyata terwujud,” jelas

Amran Azis selaku pembina dalam kegiatan Adiwiyata di wilayah kerjanya tersebut kepada Beritakota Makassar, Rabu (7/11/2018) siang.

“Saya kira prestasi ini adalah awal dan tidak berhenti disini saja sebab tujuan dari Adiwiyata ini bukan sekadar prestasinya namun inti dari sekolah berbasis lingkungan itu sendiri dimana sekolah tetap menjadi nyaman sehat dan hijau,” tambahnya.

Amran pun mengatakan sejak SMPN 1 Tinggimoncong masuk sebagai peserta penilaian sekolah Adiwiyata bersama sejumlah sekolah lainnya, telah dilakukan pendampingan beberapa tahun lalu.

” Pembinaan dan penataan telah dilaksanakan beberapa tahun lalu dan ini adalah tahun ketiga kita berbenah. Jadi kita mendampingi dan mendorong setiap saat. Bahkan kami mengadakan pertemuan khusus komite. Pelibatan orangtua siswa juga penting. Sinergitas sangat dibutuhkan. Jafi Korwil mengawal semua kebijakan sekolah dan komite mendukung terciptanya sekolah Adiwiyata ini,” jelas Amran.

SMPN 1 Tinggimoncong hingga saat ini mendidik sebanyak 388 orang siswa dengan tenaga guru sebanyak 29 orang. Saat ini sekolah yang dipimpin Sutupo sebagai kepala sekolah ini memiliki green house, toga, bank sampah, biopori (resapan air ketika hujan) dan kantin sehat. Semua fasilitasi pendukung ini dikelola langsung para siswa dibawah bimbingan para guru.

Kepala SMPN 1 Tinggimoncong Sutupo mengatakan, apa yang diraih sekolahnya tidak terlepas dari partisipasi semua pihak khususnya korwil, para siswa, guru, orangtua siswa, komite dan masyarakat sekitar.

“Inilah harapan kita yang telah terwujud semoga kita terus berkarya dan lebih meningkatkan keadiwiyataan di sekolah ini,” jelas kepsek. (an)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *