Mahasiswa KPI UIN Alauddin Praktek Laporan Berita Radio

Nurul Adiyan
Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar
Melaporkan dari Samata Gowa

BERITA-SULSEL.COM – Mahasiswa komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester III UIN Alauddin Makassar melakukan kuliah praktek lapangan untuk mata kuliah jurnalistik siaran radio, Rabu, (14/11/2018).


Kuliah praktek ini didampingi dosen mata kuliah jurnalistik siaran radio Dr. Muhammad Yahya, M.Si diikuti 18 mahasiswa. Praktek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai bagaimana proses membuat laporan live dari lapangan.

Kuliah seperti ini sebagai upaya mengajarkan mahasiswa tentang kerja lapangan seorang jurnalis. Namun sebelum turun ke lapangan, mahasiswa terlebih dahulu diberikan materi mengenai teknik wawancara radio dan siaran langsung radio.

Mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat Makassar ini memberikan praktek agar mahasiswa lebih percaya diri serta mengetahui tugas seorang reporter di lapangan. Tak hanya itu, mahasiswa juga punya pengalaman melapor langsung dari lapangan dengan menggunakan metode buat berita 5W+1H.

Menurut Muammar, mahasiswa peserta mata kuliah ini, proses pembelajaran praktek siaran langsung radio di lapangan sangat efektif bagi mahasiswa yang baru belajar.

“Satu aksi jauh lebih baik daripada 1000 teori, ketika kita melakukan aksi melalui praktek seperti ini, akan mudah dipahami. Sedangkan teori saja itu akan mengambang di dalam pemikiran,” ungkapnya.

Mahasiswi lainnya, Fatimah Azzahra menambahkan, kuliah lapangan siaran langsung praktek jurnalistik radio membuatnya tahu bagaimana cara menjadi seorang jurnalis. Selain itu memperbanyak pengetahuan kosa kata.

“Kedepannya, kuliah praktek seperti ini terus dikembangkan. Mahasiswa akan dibawa ke salah satu stasiun radio guna melihat suasana kerja jurnalistik radio dan melakukan praktek guna menambah pengalaman,” tegasnya. (*)

Comment