FIS UNM Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen

oleh -92 views
FIS UNM Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen

Laporan : Irwan, S.Pd., M.Pd
Dosen LB FIS UNM
dari Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penguatan kemampuan pedagogik untuk dosen, Selasa (27/11/2018).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dosen dalam memberikan pelayanan dan pengajaran bagi para mahasiswa. Pelatihan kali ini berlangsung di Ruang Rapat Senat FIS UNM dan akan diadakan selama 4 hari mulai tanggal 27-30 November 2018.

Acara yang diikuti dosen luar biasa dan 10 dosen PNS ini dibuka Dekan FIS UNM, Prof.Dr.Hasnawi Haris.

Prof Hasnawi mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan mutu dan pengembangan di bidang pelayanan dan pengajaran bagi mahasiswa FIS UNM.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa mahasiswa FIS UNM terdiri dari mahasiswa dari berbagai macam latar belakang yang berbeda.

“Termasuk mahasiswa yang pendiam yang harus dihadapi dengan penuh dedikasi dan kesabaran. Metode pembelajaran pun harus variatif agar tidak membosankan,” ungkapnya.

Selain itu, juga mengapresiasi kegiatan yang positif ini serta menjelaskan bahwa proses pengajaran itu tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga mentransfer nilai (transfer of values).

Transfer nilai inilah, jelas Prof Hasnawi, harus ditekankan ketika mengajar, yang dibutuhkan mahasiswa adalah motivasi dan semangat untuk belajar.

“Ketika mahasiswa sudah memiliki motivasi diri untuk belajar, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut akan semangat dalam belajar dan sukses dalam menjalani karir pendidikannya,” tandasnya.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing diantaranya; Prof. Dr. Hasnawi Haris, Prof. Dr Jumadi Sahabuddin, Dr. Najamuddin, Dr. Firman Umar.

Diharapkan dengan pelatihan ini para dosen memiliki semangat baru dan metode pembelajaran yang variatif serta inovatif sehingga proses pembelajaran di kampus bisa terlaksana dengan nyaman, menyenangkan.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil dekan I, Dr. Firman Umar, Wakil dekan II, Dr. Najamuddin, dan Wakil Dekan III serta ketua panitia Prof. Dr. Jumadi Sahabuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *