Soal Tambang, Kapolres Bone Tunggu Tim Bentukan Pemda

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Persoalan tambang rupanya tak henti menyisakan polemik, khususnya bagi masyarakat yang merasakan dampak kerusakan lingkungan akibat keberadaan tambang di Kabupaten Bone.

Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim, mengaku belum bisa berbuat apa-apa saat ini namun sudah merencanakan untuk fokus menjaga kelestarian lingkungan pada 2019 mendatang.


“Nanti di tahun 2019 kita fokus jaga lingkungan, ini persoalan tambang sudah dibicarakan dengan Bupati, kita akan tertibkan sambil menunggu tim terpadu dari Pemda. Ini bukan urusan polisi saja tapi urusan bersama” kata Kadarislam.

Kadarislam juga telah menawarkan solusi untuk mengadakan survei lokasi pertambangan. Dia menambahkan kalau dalam hal ini sebenarnya ada tanggungjawab dari pihak Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Bone.

“BLH bertanggungjawab terhadap lingkungan yang ada di wilayah kerjanya. Disini Kades harus bertegas juga kecuali kalau dia juga memanfaatkan material hasil tambangnya itu” tegas Kadarislam.

Terkait penindakan hukum bagi tambang illegal ini sendiri, pihak kepolisian butuh laporan resmi dari masyarakat yang dirugikan oleh aktivitas para penambang illegal tersebut. Kadarislam meyakinkan bahwa penertiban tambang bukanlah penghambat pembangunan karena Bone merupakan wilayah yang kaya akan hasil tambang, namun harus melalui survei bagi tambang yang dianggap tidak merusak lingkungan. (eka)

Comment