Teknik Pertambangan, Prodi Unggulan UKD Makassar, Lihat Peluang Kerjanya

oleh -133 views
L Acoy Daming SE MSi

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Studi Pertambangan dibawah naungan Fakultas Teknik menjadi Prodi unggulan Universitas Karya Dharma (UKD) Makassar.

Rektor UKD Makassar, L Acoy Daming SE MSi mengatakan, saat ini pihaknya membina lima Fakultas dan 13 Prodi. Lima fakultas tersebut yakni Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat.

Sedang Prodi yang dibina yakni Sejarah, PKN, Biologi, Matematika dan TKP berada bawah binaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Video Rektor UKD Makassar

Setelah itu, Prodi Ilmu Administrasi dan Ilmu Komunikasi dibawah naungan Fakulras Sospol. Sedang Prosi Pertambangan, Teknik Mesin dan Teknik Informatika di Fakultas Teknik.

Fakultas Ekonomi membina dua Prodi yakni Manajemen dan Akuntansi. Lalu Prodi Kesehatan Masyarakat.

Kata L Acoy, dari semua 13 Prodi, pertambangan paling diminati. Program studi Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, dan sebagainya, serta batu bara.

“Pada program studi Teknik Pertambangan kita akan mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang,” ujarnya.

Kata dia, lulusan Teknik Pertambangan nantinya bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya.

“Lulusan Teknik Pertambangan tidak harus turun lapangan dan mengunjungi area-area tambang yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Mereka juga bisa bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, dan bahkan konsultan,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *