Prof Husain Wajibkan Dosen UNM Sajikan Pembelajaran Berbasis Digital 

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop Teaching Methodist kepada para dosen dalam lingkup FT UNM, Senin (4/5/2018)

Sebanyak 50 dosen mengikuti kegiatan tersebut, yang terdiri dari 43 dosen CPNS yang telah dinyatakan lulus pada seleksi CPNS 2018 dan 7 dosen luar biasa.


Rektor UNM Prof. Husain Syam yang membuka secara langsung workshop tersebut dalam sambutannya mengatakan, memasuki era industri 4.0 yang menuntut kecepatan dan kreatifitas. Seorang dosen harus mampu menyajikan proses pembelajaran berbasis digital atau e-learning.

“Hidup di zaman milenial atau zaman revolusi industri 4.0 tidak ada alasan untuk tidak mampu, merancang materi pembelajaran berbasis sistem digital, e-learning. Dosen punya tanggung jawab besar dalam menciptakan itu,” ungkap rektor.

Lebih lanjut, Husain Syam mengatakan dengan kemajuan teknologi begitu cepat, kemudahan informasi dan pengetahuan, seorang dosen dituntut untuk selalu belajar agar supaya mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.

“Kitalah yang jangan berfikir bahwa kita lebih duluan paham dari mahasiswa, sekarang sumber belajar ada dimana-mana, jadi sangat memungkinkan peserta didik kita mungkin lebih paham dari dosennya kalau mahasiswa tersebut mampu memanfaatkan dunia maya untuk belajar,” katanya.

Ia berharap dari workshop ini para dosen di ajak untuk bagaimana mengajar sesuai kebutuhan dan konteks era revolusi industri 4.0.

“Kita berharap workshop ini kita ajar bagaimana membangun proses pembelajaran di era industri 4.0,” tambahnya.

Comment