Kelompok Pelaku Perikanan di Luwu Utara Ikut Sosialisasi Sebar Informasi kepada Nelayan

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 30 Pelaku Perikanan di Kabupaten Luwu Utara yang tergabung dalam Kelompok Pelaku Perikanan mengikuti Sosialisasi Sebar Informasi kepada Nelayan (Sebar Ikan) Dinas Perikanan Luwu Utara, di Dusun Barammamase, Desa Salekoe, Kecamatan Malangke, Kamis (14/3/2019).

Sosialisasi “Sebar Ikan” dibuka Plh Sekretaris Daerah Luwu Utara, Tafsil Saleh dan dihadiri Kadis Perikanan Muharwan, Kalaksa BPBD Alauddin Sukri, dan Camat Malangke Tasman. Hadir sebagai narasumber, Munandar Jaka Sukmana, dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar.


Tafsil Saleh mengatakan, rangka pemberdayaan nelayan diperlukan informasi atau teknologi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan tangkap.

“Salah satu solusinya adalah memberikan introduksi kepada nelayan untuk menggunakan alat sesuai dengan teknologi yang dikembangkan,” kata Tafsil.

Kata Tafsil, pembangunan sektor pertanian merupakan sebuah keniscayaan dengan pemikiran bahwa penduduk yang 80% bergerak di sektor pertanian. Maka, diharapkan permasalahan di daerah ini dapat terselesaikan.

“Semoga pertemuan ini dijadikan sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya, Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan, Aqidah Husain mengatakan, sosialisasi ini telah dilaksanakan dua kali di 2019. Sebelumnya, telah dilaksanakan di Malbar.

“Tujuan sosialisasi ini memberikan pengetahuan tentang teknologi penangkapan ikan, termasuk keselamatan pelayaran, penyelaman dan penangkapan,” kata Aqidah. (HMS)

Comment