Pakta Integritas Disahkan, Sidang di PN Bone Tetap “Molor” Hingga Siang

oleh -117 views
Fakta Integritas Disahkan, Sidang di PN Bone Tetap "Molor" Hingga Siang

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Sehari setelah penandatanganan Pakta Integritas oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Watampone, Surachmat, jadwal sidang pada Kamis (14/3/2019), malah molor hingga pukul 13.30 wita.

Salah seorang pihak berperkara, Lela, mengaku sudah datang ke PN sejak pukul 09.10 wita sesuai jadwal panggilan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Namun, hingga siang JPU belum datang dan belum ada pemberitahuan kapan sidangnya digelar.

“Setiap sidang selalu datang pagi, tapi begitulah, tidak tau juga kenapa terlambat” kata Lela.

Ketua Majelis Hakim, Khaerunnisa, mengakui kalau tiap harinya banyak perkara yang disidangkan sedangkan jumlah hakim terbatas. Khaerunnisa sempat menegur pihak JPU di ruang sidang dan meminta agar datang tepat jadwal yakni pukul 10.00 wita.

“Kalau bisa datang lebih awal, kita sidang jam 10” tegurnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua PN, Surachmat, saat ditemui di PN, Kamis (14/3/19), bahwa Pakta Integritas yang ditandatangani saat Pencanangan Pembangunan Zona Integritas antara lain adalah agar PN melakukan sidang sejak pagi pukul 10.00 wita.

“Saya sudah perintahkan hakim-hakim saya, jangan tunda sidang kalau pihaknya sudah ada. Saya juga ngomong ke Kajari, jangan ada yang telat datang jaksanya, pagi jam 10 harus cek sidang karena kami ingin layani masyarakat” tegas Surachmat.

Kendala sering molornya sidang, menurut Surachmat adalah karena keterbatasan SDM dimana saat ini hanya 7 orang hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Watampone, sementara jumlah perkara capai puluhan yang harus disidangkan setiap harinya. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *