Pemkab Gowa Mulai Wajibkan Guru Hafal Alquran

oleh -62 views
DR Salam

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Termasuk mewajibkan guru Sekolah Dasar (SD) dan Menengah Pertama (SMP) untuk bisa menghafal Alquran.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam kepada wartawan di Sungguminasa. Salam mengaku, orang nomor satu di Gowa (Bupati red) bahkan telah memintanya  untuk mengkaji program ini. Bahkan program ini diharapkan dimulai dari guru-guru untuk ikut kegiatan hafiz  atau penghafal Alquran.

Ia melanjutkan,  saat ini ia masih melakukan kajian terhadap rencana tersebut yang akan bekerja sama dengan Darul Istiqamah yang saat ini menyelenggarakan program Tahfizh Nasional Darul Istiqamah di Kabupaten Gowa selama 30 hari.

Hanya saja, jadwal mengajar bagi guru-guru yang sehingga menurutnya harus dikaji dengan baik pelaksanaannya. Seperti tempat dan waktu pelaksanaannya.

“Teknisnya nanti saya akan berkoordinasi dengan pihak penyelenggara, soal tempat dan bagaimana teknisnya setiap hari, apakah dilaksanakan satu minggu atau kah sekian jam perhari,” ujarnya.

“Nanti dilihat teknisnya karena standarnya masuk karantina itu 1 bulan penuh kalau mekanisme yang ada di situ supaya bisa menghagal 30 juz. Kalau guru-guru tidak mungkin dikarantina satu bulan karena mereka mengajar.

Tapi saya baru mau mencari, yang pertama dulu apakah kegiatan ini yang bisa, yakni ada guru-guru dari beberapa sekolah yang bisa jadi penghafal Alquran,” sambungnya.

Untuk awal program tersebut hanya diperuntukkan bagi guru-guru dengan harapan dapat diturunkan ke peserta didiknya.

“Diawali dari guru-guru dulu supaya harapan Pak Bupati bisa dibiaskan ke siswanya di sekolah. Dan ini untuk guru-guru SD dan SMP. Nanti sekolah yang menentukan misalnya dua guru dari masing-masing sekolah untuk masuk pelatihan penghafal Alquran,” tambahnya.

Ia juga menambahkan hal tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Direktur Karantina Tahfizh Nasional Darul Istiqamah, Ustadz Mutahhir Arif bersama puluhan santrinya di hari ulang tahun Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL pada Sabtu lalu (9/3). (an).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *