Dosen UNM Gelar Bimtek Verifikasi Hoax untuk Pelajar SMA Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) verifikasi hoax melalui aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) berbasis android kepada pelajar dan guru dari 23 perwakilan SMA se-Kota Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Teater, Phinisi, Minggu (21/4/2019).

Arnidah mengatakan, kegiatan ini salah satu iuaran dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Sumber dana Daftar Pemenang Penelitian dan Pengabdian Dana (DRPM) Dikti tahun 2019.


Ia berharap, kompetensi literasi digital sangat penting dalam era teknologi saat ini.

“Membekali kompetensi literasi digital pada anak didik agar tidak terpapar hoax. Selain itu, cerdas dan bijak bermedia, baik media mainstream maupun media sosial,” jelasnya.

“Ada 161 orang pelajar dan guru yang mampu menggunakan media cek fakta. Kita optimis akan ada lebih banyak orang yang akan tertular dampak positifnya,” kata Arnidah.

Koordinator Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Indonesia (Mafindo) Makassar itu mengaku kegiatan itu juga diintegrasikan dalam seminar nasional yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM.

Alasannya, kata dia, agar ilmu kolaborasi antara siswa dan mahasiswa dapat terjaling dengan baik.

“Tentu kita tidak memilih ini tanpa ada pertimbangn yang matang. Karena tentu saja kita semua berharap agar lebih banyak ilmu yang diperoleh oleh para siswa, di samping itu banyak kakak-kakak dari unsur mahasiswa yang bisa mendampingi yang dapat membuat atmosfir belajar di kampus dengan venue yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Prodi Teknologi Pendidikan, Citra Rosalyn Anwar mengatakan pihaknya juga telah berkolaborasi dengan beberapa lembaga dan komunitas untuk memberikan literasi digital.

Comment