8 Fakta Unik Soal Ukuran Payudara Normal Perempuan

oleh -173 views
ilustrasi ibu menyusui

BERITA-SULSEL.COM – Payudara tidak hanya organ yang digunakan untuk melakukan proses laktasi saja. Lebih dari itu, payudara memiliki peranan yang besar untuk wanita. Organ ini juga menentukan rasa percaya diri karena banyak wanita menganggap payudaranya merupakan salah satu aset berharga yang menunjang kecantikan.

Fakta payudara wanita yang unik dan tidak disangka

Meski payudara yang besar cenderung dimiliki oleh banyak wanita, tidak semua orang memahami dan tahu apa saja fakta tentang organ ini. Dimulai dari ukuran normal hingga mengapa ukurannya sering tidak tetap. Berikut fakta unik tentang payudara wanita.

1. Ukuran normal payudara

Seperti halnya dengan ukuran dari penis, payudara wanita juga memiliki ukuran yang bervariasi. Ada yang ukurannya sangat besar dan ada juga yang kecil. Lantas mana saja yang normal? Jawabannya tidak ada. Kita tidak bisa menentukan ukuran payudara normal karena kadang setiap ras memiliki rerata ukuran yang berbeda-beda.

Daripada memusingkan apakah ukuran payudara yang dimiliki normal atau tidak, ada baiknya untuk mementingkan kesehatan. Kalau payudara yang dimiliki kecil, tapi sehat dan tidak ada gangguan, maka bisa dikatakan normal. Namun, kalau payudara besar, tapi ada benjolan tumor atau kanker. Bisa dibilang tidak sehat atau tidak normal.

2. Cara mengukur payudara

Ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mengukur payudara wanita dan membeli bra dengan tepat. Pertama adakah mengukur payudara kiri dan kanan. Pengukuran harus melewati dua puting payudara. Setelah mengukur bagian depan, pengukuran juga harus dilakukan hingga ke belakang, mengelilingi bagian dada.

Ukuran terakhir yang harus diketahui adalah volume dari payudara itu sendiri. Dengan mengetahui ukuran dari payudara secara menyeluruh, Anda bisa dengan mudah mendapatkan ukuran bra yang tepat. Memakai bra yang kekecilan baik dari segi cup atau karet yang mengelilingi area dada juga sangat tidak nyaman.

3. Payudara yang disukai pria

Banyak yang menganggap kalau ukuran payudara yang besar sangat disukai oleh pria. Memang benar, pria menyukai hal tersebut. Namun, dari hasil survei yang dilakukan pada 2000 orang, justru 60 persen menyatakan suka dengan payudara yang ukurannya standar atau biasa saja. Jadi, tidak perlu risau kalau ukuran payudara Anda kecil.

Lebih lanjut, dari survei lain menunjukkan kalau pria tidak mempermasalahkan ukuran payudara pasangannya. Sekitar 70 persen pria menerima apa pun ukuran payudara pasangannya.

4. Penentu ukuran payudara

Ukuran payudara yang dimiliki oleh wanita ditentukan oleh beberapa hal. Yang paling besar memengaruhi ukuran payudara adalah gen. Kalau orang tua seperti ibu atau nenek atau siapa saja yang segaris cenderung memiliki dada yang besar, kemungkinan besar, ukuran dada juga mengikuti.

Hal lain yang menentukan ukuran payudara adalah hamil dan menyukai. Ukurannya akan meningkat cukup signifikan. Berat badan juga menyumbang karena semakin banyak lemak di tubuh, ukuran payudara juga akan meningkat.

5. Ukuran payudara bisa berubah-ubah

Ukuran payudara wanita akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi yang dialami. Perubahan pertama yang sering sekali dialami adalah perubahan saat wanita terangsang. Ukuran payudara mereka akan meningkat karena ada pompaan darah ke seluruh bagian payudara.

Selain masalah terangsang, wanita yang memasuki masa subur biasanya juga mengalami peningkatan ukuran payudara. Begitu pun saat wanita akan mengalami menstruasi. Dengan kondisi ini wanita lebih disarankan menggunakan bra dengan ukuran sedikit agak longgar. Dengan melakukannya, Anda tidak akan terima saat dada mulai membesar.

6. Semakin besar, semakin mudah terkena kanker?

Selama ini banyak wanita meyakini kalau semakin besar ukuran payudara, peluang terkena kanker payudara akan besar. Anggapan ini sangat salah kaprah. Pasalnya belum ada penelitian yang menyatakan kalau semakin besar dada, semakin besar pula risiko kanker.

Yang meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita adalah gaya hidupnya, misal sering merokok dan terpapar zat kimia berbahaya. Selanjutnya seseorang yang berasal dari keluarga dengan riwayat kanker payudara juga lebih rentan mengalaminya.

7. Efek payudara besar pada tubuh

Payudara besar memang memberikan kesan estetik yang besar pada wanita. Namun, juga bisa menyebabkan masalah pada tubuh karena berat. Ya, payudara yang terlalu besar juga bisa membuat siapa saja merasa tidak kuat menahan. Itulah kenapa wanita banyak memakai bra yang mampu menahan beban payudara.

Berjalan atau berdiri terlalu lama dengan dada menggantung juga bisa membuat area dada menjadi nyeri. Punggung juga akan terasa tertarik ototnya sehingga memicu masalah yang lebih serius. Beberapa wanita bahkan sering susah bernapas akibat dada terasa sangat penuh.

8. Pembesaran dan pengecilan payudara

Jumlah wanita yang tidak puas dengan ukuran payudaranya akan melakukan upaya pembesaran. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan implan. Payudara akan dimasuki sak yang berisi silikon cair agar dada menjadi besar. Selain silikon, bahan saline juga digunakan agar dada membesar.

Meski ada banyak wanita yang melakukan operasi pembesaran payudara, tidak sedikit pula wanita ingin mengecilkan ukuran payudara. Alasannya sederhana saja, memiliki payudara yang terlalu besar bisa menyebabkan masalah pada tubuh seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau ukuran payudara setiap wanita sangat khas dan dipengaruhi oleh banyak hal ukurannya. Cara terbaik untuk menjaga payudara adalah merawatnya dengan baik dan menyadari ada atau tidaknya gangguan yang muncul, misal ada benjolan.

Metode pembuatan atau sejenisnya yang berguna untuk menunjang estetika mungkin bisa dilakukan. Namun, tetap pentingkan sisi keamanan dan kesehatan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

sumber : doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *