Dorong ASN Berzakat, Pemkot Makassar MoU Bersama Basnaz

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar menggelar pertemuan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membahas kerja sama yang bertujuan meningkatkan kesadaran berzakat setiap Aparatur Sipil Negara di lingkup, baik di Balaikota maupun perusahaan daerah (Perusda).

Memorandum of Undertanding (MoU) dilaksanakan di ruang rapat Sipakatau Lantai ll Kantor Wali Kota Makassar, Senin (6/5/2019).


Ketua Baznas Kota Makassar, Anis Zakaria Kama mengatakan, MoU dilakukan untuk meningkatkan kesadaran setiap aparatur sipil negara dalam mengumpulkan zakat melalui Baznas.

Anis menyebutkan, sejak tahun lalu hingga saat ini, hanya 11 SKPD yang telah pengumpulkan zakat melalui pemotongan gaji. Pengumpulan zakat rata-rata meningkat setiap tahunnya sekitar Rp 2 miliar.

“Setiap tahun meningkatan dari zakat sekitar Rp2 miliar, pengumpulan terbesar berasal dari ASN. Pasalnya, Pemkot Makassar lebih terstruktur dan terorganisir,” jelasnya.

Hal sama disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar saat mengadakan pertemuan dan penanda tanganan MoU bersama Basnaz.

Ansar menjelaskan, pengumpulan zakat dengan melibatkan setiap ASN dan perusda sangat membantu Basnaz menyalurkan zakat bagi kaum dhuafa memasuki Idul Fitri tahun ini.

Menurutnya, kesadaran mengeluarkan zakat dirinya mendorong untuk peningkatan jumlah penerimaan di pemerintah Kota Makassar dengan mengeluarkan himbauan kepada seluruh jajaran SKPD yang ada.

“Tentunya apa yang dilakukan oleh Basnaz kita dukung dan dorong sepenuhnya, apalagi ini menyangkut rukun Islam ke empat yang wajib dilaksanakan bagi setiap Muslimnya,” terang Ansar.(*)

Comment